Scroll to Top

Google Play Terinfeksi Malware, Menyusup di Game Bad Piggies Gadungan

By Ibnu Azis / Published on Saturday, 15 Jun 2013

Bad Pigs

Peneliti keamanan siber temukan sebuah game yang ‘menyamar’ sebagai Bad Piggies (Rovio) dengan nama Bad Pigs. Diduga permainan tersebut tersemat malware dan bakal menginfeksi pengguna Google Play bila megunduhnya.

Mengloning game populer adalah salah satu modus hacker untuk niat tertentu. Ini terbukti dari jumlah unduhan Bad Pigs yang capai 10.000 download. Anehnya Google seakan lakukan pembiaran.

Perusahaan keamanan F-Secure pada Rabu lalu temukan kejanggalan ini. Salah satu perbedaan paling mencolok yakni soal pengembang. Game Bad Piggies asli dibuat oleh Rovio.

Sedangkan Bad Pigs dikembangkan oleh Dan Stokes. Pasca insiden ini Google langsung menarik peredaran Bad Pigs dari Google Play. Lantas apa malware yang terkandung dalam game tersebut?

Menurut F-Secure, ketika pengguna mengunduh Bad Pigs maka secara otomatis malware akan pula terunduh. Malware ini akan mengubah pola perizinan ponsel hingga akses ke informasi pribadi.

Google Play sendiri miliki beberapa filter canggih untuk mendeteksi dan bekerja memblokir segala aplikasi yang tersemat malware, spyware, serta trojan. Namun, tetap saja filter ini miliki celah.

Bad Piggies adalah salah satu game Rovio yang sukses di pasaran selain seri Angry Birds. Baik di iOS dan Android permainan ini kepopularitasnya cukup tinggi. Inilah yang membuat hacker tertarik mengloningnya untuk niat tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda