Scroll to Top

Kosa Kata Twitter Kembali Masuk Kamus Inggris Oxford

By Ibnu Azis / Published on Saturday, 15 Jun 2013

Twitter Logo

Kosa kata Twitter kembali masuk Kamus Inggris Oxford . Istilah-istilah yang digunakan dalam Twitter ini dikembangkan diskripsinya oleh Oxford untuk penjelasan yang lebih detail dan jelas.

Kosa kata tersebut menulis laporan situs All Twitter adalah follow, follower, dan tweet. Follow dikategorikan sebagai verba (kata kerja) dan miliki makna ‘melacak aktivitas atau posting pengguna, kelompok, dll, dengan berlangganan akun mereka di situs media sosial atau aplikasi’.

Sedangkan follower sebagai nomina (kata benda) dan miliki makna ‘orang yang mengikuti pengguna tertentu, kelompok, dll, di situs media sosial atau aplikasi’. Sedangkan untuk tweet sebagai verba (kata kerja) yang miliki makna ‘aktivitas posting ke situs media sosial Twitter’.

Lewat akun Twitter Oxford English Dictionary (OED) memutakhirkan penjelasan beberapa kosa kata atau istilah-istilah Twitter ini. Masih banyak kosa kata lain yang telah ditambahkan seperti retweet (2011) dan tweetable (Februari 2013).

OED juga telah menambahkan tak kurang 1.200 kosa kata baru terkait istilah teknologi. Ini termasuk istilah live-blog, geekery, flash mob, e-reader, crowdsourcing, dan mouseover.

Dalam Bahasa Indonesia sendiri Pusat Bahasa juga menyerap istilah teknologi yang diturunkan ke pelbagai kosa kata baru yang diambil dari bahasa daerah. Unduh (download) dan unggah (upload) misalnya yang diserap dari Bahasa Jawa.

Namun ada pula kosa kata lain yang dihadirkan tidak dari serapan bahasa lain. Misalkan saja galat (error), luring (offline), daring (online), dan masih banyak istilah lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda