Italia

Akan tersaji pertandingan seru di Stadion Ha Moshava Petah Tikva yang mempertemukan Italia vs Belanda dalam laga semifinal Piala Eropa U-21 2013, Minggu (16/6/2013) pukul 01.30 WIB. Nama besar kedua tim jadi jaminan pertandingan nanti akan berlangsung sengit. Apalagi kemenangan akan membawa salah satu dari kedua tim melangkah ke babak final.

Italia melaju ke semifinal setelah menjadi juara grup A berkat kemenangan atas Inggris dan Israel serta seri lawan Norwegia. Sementara Belanda harus puas menjadi runner-up Grup B setelah menang atas Jerman dan Rusia, namun di pertandingan terakhir dibantai oleh Spanyol.

Pelatih Belanda, Cor Pot, yakin kekalahan itu tak akan mempengaruhi mental timnya jelang laga nanti. Meskipun juga dalam pertandingan terakhir yang mempertemukan keduanya, Belanda dihajar Italia 3-0.

“Kita lihat saja karena Italia adalah negara yang kuat, meski kami juga tak kalah kuat. Kompetisi di Italia sedikit lebih berbobot dibanding di negara kami. Tapi saya beruntung karena kami punya pemain yang bermain di liga lain, seperti di Jerman dan Portugal,” ujarnya.

Pot hanya kehilangan Bram Nuytinck yang mengalami cedera saat lawan Spanyol. Selain itu, sisa skuad Belanda siap tampil menghadapi Italia.

Di sisi lain, Devis Mangia selaku pelatih Italia berharap para pemainnya bisa melupakan kemenangan pada Agustus tahun lalu. Baginya, kemenangan itu sudah basi dan akan lebih baik jika para pemain fokus untuk pertandingan esok. Padahal pertandingan itu adalah debut Mangia sebagai allenatore Italia U-21.

“Saya tidak memikirkan pertandingan Agustus lalu. Sama seperti saya sudah tidak memikirkan pertandingan yang kami mainkan pada September, Oktober, November. Saya sudah melupakan itu semua dan fokus untuk pertandingan nanti.”

Mangia kini sedang dipusingkan dengan stok berlimpah di barisan depannya. Nama-nama seperti Ciro Immobile, Mattia Destro, Lorenzo Insigne, Manolo Gabbiadini, Fabio Borini, dan Alberto Paloschi bermain bagus ketika diberi kesempatan. Mangia pun lalu memberi jawaban unik ketika mendapat pertanyaan siapa yang akan ia mainkan di lini depan.

“Saya akan melempar kaos ke udara, dan dua pemain yang cepat mendapatkannya akan saya mainkan.”

Perkiraan susunan pemain:

Italia (4-3-3): 1. Francesco Bardi; 2. Giulio Donati, 13. Matteo Bianchetti, 6. Luca Caldirola, 3. Cristiano Biraghi; 4. Marco Verratti, 7. Alessandro Florenzi, 18. Riccardo Saponara; 10. Lorenzo Insigne, 11. Manolo Gabbiadini, 9. Ciro Immobile. Pelatih: Devis Mangia

Belanda (4-2-3-1): 1. Jeroen Zoet; 2. Ricardo van Rhijn, 3. Stefan de Vrij, 5. Daley Blind, 4. Bruno Martins Indi; 15. Georginio Wijnaldum, 8. Kevin Strootman; 18. Marco van Ginkel, 10. Adam Maher, 11. Ola John; 9. Luuk de Jong. Pelatih: Cor Pot