Scroll to Top

Syarat Untuk Jadi Pendonor Darah Sehat

By C Novita / Published on Saturday, 15 Jun 2013

donor darah

Donor darah adalah hal yang sangat mulia, sebab dengan menyumbangkan darah yang Anda miliki, berarti ada kemungkinan nyawa orang lain bisa diselamatkan. Setetes darah pun bisa sangat berharga sebab ada ribuan pasien kritis yang hanya bisa diselamatkan dengan melakukan transfusi darah.

Namun, tentu tak semua orang dapat menjadi pendonor darah. Ada syarat-syarat tertentu yang harus dipenuhi bila ingin menyumbangkan darah bagi PMI.

Berikut adalah syarat-syarat menjadi pendonor darah yang baik:

  • Hb normal

Kadar Hb atau kadar haemoglobin (sel darah merah) yang Anda miliki harus dalam kondisi normal. Tidak boleh lebih dari 17% atau kurang dari 12,5%. Sebelum melakukan donor darah biasanya seseorang akan diperiksa terlebih dahulu kadar Hb nya, untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan atau beresiko terhadap kesehatan si pendonor sendiri.

Untuk menurunkan kadar Hb yang tinggi, maka sebaiknya Anda banyak mengonsumsi air putih, kurangi makan daging dan sayuran dengan zat besi tinggi.

  • Tekanan darah normal

Tensi atau tekanan darah pun harus normal, tidak boleh terlalu rendah atau terlalu tinggi. Bila terlalu rendah maka dikhawatirkan kondisi kesehatan si pendonor akan tidak stabil. Bisa menjadi pusing bahkan pingsan.

  • Tidak mengidap penyakit menular

Keuntungan dari menjadi pendonor darah adalah, sebelumnya akan diadakan tes kesehatan secara gratis. Dari sini akan terlihat apakah Anda mengidap penyakit menular atau tidak. Beberapa penyakit seperti HIV dan hepatitis dapat ditularkan melalui darah.

Bila Anda mengidap penyakit menular maka tidak akan bisa menjadi pendonor darah walau Anda sangat menginginkannya. Mengapa? Sebab penyakit tersebut bisa menular ke orang yang menerima darah Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda