Scroll to Top

10 Kebiasaan yang Dapat Memicu Penyakit Jantung

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 15 Jun 2013

liat teve

Penyakit jantung seringkali muncul karena kebiasaan tidak sehat yang dilakukan selama bertahun-tahun. Faktor risikonya menumpuk lalu terjadilah serangan yang tidak diharapkan tersebut. Dikutip dari Times of India, berikut ini 10 kebiasaan yang dapat memicu penyakit jantung:

  1. Suka menonton teve. Duduk di depan teve lebih dari empat sehai akan meningkatkan risiko penyakit jantung dan arteri sebesar 80 persen. Termasuk, Anda akan memiliki gula darah dan kolesterol yang kurang terkontrol akibat ngemil saat melihat teve.
  2. Sering stres dan depresi. Dua emosi ini sangat tidak baik bagi kesehatan jantung. Tekanan darah Anda naik dan jantung memompa darah dengan lebih cepat.
  3. Mendengkur. Suara dengur bukan berarti tanda tidur nyenyak. Sebaliknya, mendengkur dikaitkan dengan Obstructive Sleep Apnea (OSA) yag ditandai dengan terganggunya pernafasan saat tidur. Penderitanya memiliki risiko empat kali lebih tinggi untuk  terkena masalah kardiovaskular.
  4. Mengabaikan kesehatan gigi. Gigi berlubang atau penyakit gusi bisa menjadi jalan masuk bakteri ke dalam pembuluh darah. Rongga mulut cukup banyak bakteri. Jika Bakteri patogen masuk ke pembuluh darah yang menuju jantung, mungkin akan membawa masalah buat jantung Anda.
  5. Memutuskan hidup menyendiri. Ada sebagian orang yang enggan bersosialisasi. Dia hanya menyenangi kehidupannya sendiri. Orang seperti ini lebih mudah untuk mengalami depresi.
  6. Terlalu sering minum alkohol. Alkohol tidak hanya buruk untuk liver. Kelebihan kadar alkohol dalam tubuh akan meningkatkan tekanan darah, meninggikan kolesterol, dan memudahkan terjadinya gagal jantung.
  7. Obesitas. Kelebihan berat badan yang artinya juga kelebihan beben lemak, menjadi pemicu umum terjadinya masalah jantung. Penyandang obesitas cenderung memiliki kolesterol tinggi dan tekanan darah yang juga tinggi. Dia rentan terkena masalah jantung sekaligus stroke. Oleh karena itu, jaga tubuh Anda agar memiliki berat ideal dan sehat.
  8. Merokok atau menjadi perokok aktif. Baik perokok atau orang lain yang menghisap asapnya, sama-sama berpeluang mengalami masalah serangan jantung. Merokok akan memicu pembekuan darah yang dapat memblokir aliran darah ke jantung. Selian itu, merokok memberikan kontribusi terbentuknya plak dalam arteri.
  9. Jarang makan buah dan sayur. Sebuah studi menyatakan, orang yang makan lima porsi buah dan sayuran dalam sehari memiliki risiko 20 persen lebih rendah untuk mengalami sakit jantung atau stroke dibanding yang jarang mengonsumsi.
  10. Suka makan yang asin. Garam dapat meningkatkan tekanan darah. Ini menjadi modal dalam terjadinya stroke, gagal ginjal, dan serangan jantung. Makanan asin biasa terdapat pada fast food.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda