Djarum Indonesia Open Muhammad Ahsan Hendra Setiawan Masuk Final Ganda Putra!

Muhammad Ahsan/Hendra Setiawan akhirnya menyelamatkan Indonesia dengan menjadi satu-satunya yang berhasil menembus partai puncak di Djarum Indonesia Open 2013. Ganda putra ini berhasil menyikat duo Rusia Vladimir Ivanov dan Ivan Sozonov dalam pertarungan tiga set.

Sebelumnya Indonesia sempat terancam tidak bisa mengirimkan satu pun wakilnya. Pasalnya Tommy Sugiarto, Duonysisus Hayom Rumbaka, hingga Tontowi Ahmad/Lilyana Natsir tumbang sepanjang laga yang berlangsung pada Sabtu, 15 Juni 2013 ini.

Tommy Sugiarto gagal menumbangkan Marc Zbiwier asal Jerman. Pebulutangkis asal Indonesia harus menyerah dalam dua set langsung. Set pertama, ia kalah 17-21. Pada set kedua, Tommy semakin keteteran dan akhirnya tumbang dengan 10-21.

Wakil Indonesia lain di single putra, Dionysius Hayom Rumbaka, juga bernasib serupa. Menghadapi Lee Chong Wei yang merupakan unggulan teratas di kejuaraan ini, ia menyerah juga dengan dua set langsung. Pertama, kalah 17-21 dan berikutnya kalah 14-21.

Ganda campuran Tontowi Ahmad/Lilyana Natsir yang sempat membuka harapan pada laga perempat final kemarin, juga tak mampu menapak ke final. Kali ini Joachim Fischer Nielsen/Christinna Pedersen (Denmark) menyikat mereka dalam dua set, 21-15 dan 21-14.

Ketidakberuntungan Indonesia terputus oleh Muhammad Ahsan/Hendra Setiawan. Mereka yang tampil di ganda putra, menaklukkan Vladimir Ivanov dan Ivan Sozonov dalam tiga set. Sempat unggul 21-10, pasangan Indonesia kalah 20-22 di set berikutnya. Sebelum menang 21-14 di set penentuan.

Kemenangan ini membuat Muhammad Ahsan/Hendra Setiawan berangkat ke puncak dan menjadi satu-satunya wakil Indonesia tersisa. Mampukah ganda putra ini membuat sayap garuda terkepak pada partai final?

Foto: Kompas