Scroll to Top

Di China Ada Tembok Besar, Di Bukittinggi Ada Janjang Saribu

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 15 Jun 2013

janjang saribu

Temukan sensasi ala Tembok Besar China  di Kota Bukittinggi. Sebab, di sana terdapat deretan anak tangga dan jalan panjang dari kawasan Koto Gadang  yang membentang hingga kawasan bawah Ngarai Sianok di Kota Bukittinggi. Jalan tersebut diberi nama Janjang Saribu (tangga seribu). Jaraknya mencapai 780 meter dari awal sampai ujung.

Janjang Saribu mulanya tidak terlalu dihiraukan sebagai salah satu tempat yang menarik. Namun, Menkominfo, Tifatul Sembiring, memprakarsai renovasi tempat tersebut. Janjang Saribu lantas dibuat bangunan seperti halnya tembok besar di China. Lebar jalannya dua meter. Sepanjang jalan dan anak tangga dibatasi tembok beton setinggi satu meter.  Aksennya pun sama dengan yang di China.

Janjang Saribu diperkirakan akan menjadi daya tarik baru dalam pariwisata setempat. Saat ini masyarakat sudah mulai menggunakannya sebagai tempat berekreasi, berolahraga, dan sebagainya. Anak tangganya kecil-kecil sehingga menuntut pengunjung harus hati-hati selama berjalan. Tantangan lainnya adalah curamnya kemiringan sudut pada jalan di  Janjang Saribu ini.

Janjang Saribu diperkirakan telah dirintis sejak zaman penjajahan Belanda. Dulunya bernama Janjang Batuang atau tangga bambu, karena dibuat dengan tanah garam yang ditopang memakai bambu. Jalan yang diduga awalnya memiliki lebar empat meter itu dipakai untuk jalan pintas menuju Sungai Ngarai Sianok dan ke pusat Kota Bukittinggi. Dulu banyak warga sekitar yang mengambil pasir dari sungai dan melintasi jalan tersebut.

Dikutip dari Harian Haluan, keberadaan Janjang Saribu akan menghidupkan kembali jalan tersebut. Bagi Anda yang ingin melintasi seluruh jalan, kira-kira memakan waktu 30 menit. Tapi buat Anda yang hobi berolahraga atau mendaki, mungkin hanya butuh 15-20 menit untuk menyelesaikan perjalanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda