Scroll to Top

7 Kebiasaan yang Membantu Anda Mudah Terlelap

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 15 Jun 2013

tidur

Beragam manfaat tidur baru bisa Anda rasakan jika telah menerapkan siklus tidur yang baik. Disarankan setiap malam seseorang bisa terlelap mulai 6-8 jam. Tubuh memerlukan tidur untuk perbaikan diri, baik untuk sisi fisik maupun mental.

Jika Anda bermasalah dengan siklus tidur, sebenarnya hal tersebut bisa diubah. Anda bisa menempatkan pikiran agar mampu terlelap dari jam 9 malam sampai 5 pagi, dengan melatihnya. Dikutip dari CNN, ada beberapa kebiasaan yang bisa membantu Anda tidur lebih baik:

  1. Berolahraga secara teratur. Berolahraga di pagi atau sore hari akan membantu pikiran dan otot Anda lebih rileks di malam hari. Tubuh akan merangsang untuk memberikan rasa kantuk dan Anda pun segera terlelap. Berikan jeda antara olahraga dan tidur minimal tiga jam.
  2. Minum susu sebelum tidur. Susu memberikan efek rileks bagi tubuh. Anda bisa segera terlelap dengan bantuan susu ini.
  3. Mematikan gadget dan perangkat teknologi lainnya. Kebanyakan orang lebih sibuk dengan gadgetnya saat berada di tangan sewaktu hendak tidur. Walhasil pikiran lebih tergerak untuk memainkannya daripada tidur. Pelepasan hormon melatonin juga akan terhambat. Masuknya spektrum cahaya biru dari gadget ke mata membuat otak mengirimkan sinyal untuk menunda tidur.
  4. Melakukan relaksasi sebelum pergi tidur. Misalnya, Anda bisa melakukan olah pernafasan, mendengarkan musik lembut, dan sebagainya.
  5. Membuat jadwal tidur. Artinya, Anda berusaha mengembangkan siklus tidur yang lebih baik. Tantangannya mungkin agak berat di awal. Pasalnya, Anda mesti bisa konsisten menjalankan jadwal ini tanpa tergoda untuk begadang.
  6. Berdoa sebelum tidur. Dengan berdoa, Anda telah menempatkan diri untuk tidur dan memasrahkan diri Anda kepada Yang Kuasa selama terlelap. Anda dapat merasa lebih rileks dengan berdoa.
  7. Jika Anda terpaksa harus mengonsumsi suplemen tidur, sebaiknya konsultasikan dulu kepada dokter. Suplemen ini mungkin diperlukan untuk membantu mengubah kebiasaan tidur yang asal-asalan ke siklus yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda