Scroll to Top

Berjalan Kaki 15 Menit Usai Makan Dapat Mengontrol Gula Darah

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 15 Jun 2013

walking-exercise

Studi terbaru menyebutkan, ada satu cara untuk mengontrol gula darah yaitu melakukan jalan kaki selama 15 menit usai makan. Cara ini membantu menurunkan gula darah untuk periode 24 jam yang setara dengan berjalan kaki selama 45 menit. Kecepatan yang diperlukan selama berjalan kaki ini adalah dari kecepatan santai menuju moderat. Demikian studi yang dilakukan Loretta DiPietro, Ph.D., MPH, kepala George Washington University School of Public Health dan Health Services Department of Exercise Science.

Peneliti mengatakan kontraksi otot yang terjadi selama melakukan jalan kaki singkat tersebut mampu mengatasi gula darah yang terkumpul setelah makan. Temuan ini menjadi sebuah cara yang efektif dalam menurunkan risiko diabetes di kalangan orang-orang yang berpotensi mengalaminya.

Dikutip Huffington Post, studi ini melibatkan peserta studi yang sehat namun berisiko mengalami diabetes tipe 2. Mereka tidak banyak berolahraga dan kadar gulanya melebihi batas normal sekalipun telah berpuasa.

Peserta tingga selama dua hari di ruangan yang memiliki alat penghitung kalori (kalorimeter). Mereka melakukan serangkaian latihan. Hari pertama , peserta tidak berjalan-jalan sama sekali. Hari kedua, mereka berjalan-jalan 15 menit setelah makan, berjalan-jalan 45 menit pada pukul 10.30, dan berjalan 45 menit di sore hari.

Hasilnya, para peserta mendapatkan pengontrolan gula darah yang terbaik saat mereka berjalan kaki 15 menit setelah makan malam. Usai makan malam sering terjadi lonjakan gula darah yang cukup besar yang baru berakhir di keesokan hari. Dan, dengan berjalan usai makan bisa mencegah hal tersebut.

Studi ini diterbitkan dalam jurnal Diabetes Care

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda