Scroll to Top

Spanyol vs Norwegia 3-0: Hasil Semi Final Euro U-21

By Fitra Firdaus / Published on Sunday, 16 Jun 2013

Spanyol vs Norwegia

Hasil pertandingan semifinal Euro U-21 antara Spanyol vs Norwegia yang digelar pada Sabtu, 15 Juni 2013 berakhir dengan skor 3-0. Adalah Rodrigo, Isco, dan Alvaro Morata yang menjadi penentu kemenangan La Rojita sekaligus memastikan juara bertahan lolos ke final Piala Eropa U-21.

Dalam duel Spanyol vs Norwegia, pelatih Julen Lopetegui tidak menurunkan Alvaro Morata sebagai pilihan utama. Ditaruhnya Rodrigo; seperti halnya ia meletakkan Koke alih-alih Iker Muniain. Sebaliknya Tor Ole Skullerud mengganti 8 dari 11 starting line-up kala timnya menahan imbang Italia 1-1 di babak penyisihan grup.

La Rojita seperti diperkirakan, mendominasi jalannya pertandingan. Norwegia lebih banyak menunggu gempuran cepat sang juara bertahan. Dipimpin oleh sang jenderal Isco, Spanyol terus bergerak. Menit 8, upaya sang pemain Malaga masih melebar. Kesempatannya setelah menerima sodoran Cristian Tello selang sembilan menit masih bisa dihalau oleh kiper Norwegia, Nyland Haskjold.

Kejadian unik berlangsung di menit 23, serangan Spanyol yang terus membanjir, berujung pada rebound Rodrigo yang terhalau Haskjold dan tiang gawang. Marc Bartra yang menjatuhkan diri untuk meminta hadiah penalti, diganjar kartu kuning karena diving. Sebuah momen yang semakin membakar rasa penasaran La Rojita.

Kesempatan lain didapatkan di menit 43, ketika sepakan Ingo Martinez dibendung oleh Haskjold.  Tembakan Tello selang semenit lagi-lagi mentah oleh sang penjaga gawang.  Namun kebuntuan pecah juga akhirnya. Berawal dari rangkaian duel udara, Rodrigo yang tak terkawal menyarangkan gol di ujung babak pertama. Hal yang harus dilakukan setelah sekian peluang terhambur.

Rodrigo

Babak kedua, Spanyol masih dominan. Sementara kesempatan emas yang didapatkan Markus Henriksen dengan tembakan sedikit dari luar kotak penalti di menit 55, hanya menghasilkan tendangan sudut. Setidaknya, Norwegia tidak ingin menyerah begitu saja oleh aliran bola cepat Spanyol yang seakan ingin menghukum mereka lebih jauh.

Lalu, sosok yang ditunggu-tunggu hadir. Alvaro Morata mengantikan Rodrigo sejak laga berlangsung satu jam. Tapi, Norwegialah yang berhasil keluar dari tekanan penuh La Rojita. Mereka mulai menguasai bola, meski tak memiliki kesempatan membobol gawang David de Gea yang perawan.

Peristiwa ‘gila’ terjadi di menit 85 ketika Norwegia gagal memanfaatkan tendangan bebas dari sisi kiri pertahanan lawan. Kerumunan di kotak penalti, membuat Stefan Strandberg kehilangan fokus.

Pertandingan berakhir ketika Isco menyelesaikan umpan Alvaro Morata dengan tembakan melengkung cantik di menit 87. Alvaro Morata yang mencetak gol dari sudut sulit di injury time membuat skor 3-0 dan laga berakhir untuk kemenangan La Rojita.

Spanyol (4-3-3): De Gea, Montoya, Bartra, Martínez, Moreno, Illarramendi, Koke, Thiago, Isco (Pablo Sarabia ’88), Rodrigo (Morata ’60), Tello (Munian ’74)

Norwegia (4-3-3): Nyland Haskjold, Strandberg, Hedenstad, Elabdellaoui, Semb Berge, Henriksen, Eikrem (Nordtveit ’74), Johansen (Berisha ’79), Berget, Pedersen, King (H. Nielsen ’46)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda