Scroll to Top

7 Free Software Terbaik Untuk Pelajar

By Moch Ridwan / Published on Tuesday, 13 Sep 2011

Tak terasa liburan musim panas telah berkahir, kini saatnya kembali kesekolah dengan semangat yang baru. Sebagai mahasiswa baru atau orang tua yang anaknya saat ini menginjak bangku kuliah maka akan ada banyak hal yang harus dipersiapkan. Entah beli laptop baru, bayar uang pendaftaran, beli buku dan seterusnya. Tentunya hal-hal tersebut akan sangat menguras kantong Anda bukan?

Nah sebagai orang tua memang dibutuhkan sedikit kejelian untuk bisa memangkas anggaran sekolah, dan sebagai anak juga tak luput dari kreatifitas untuk bisa mendapatkan sesuatu secara gratisan. Sesuatu yang gratisan bukan berarti tidak bagus kan? Berikut saya lampirkan 5 free software terbaik yang biasa digunakan oleh para pelajar.

OpenOffice.org
OpenOffice.org adalah salah satu alternatif sebagai pengganti Microsoft Office yang biasanya terdiri dari Word, Excel, dan kawan-kawannya. Alih-laih membeli versi pelajar Microsoft Home and Student editin 2010 seharga 110 pounds maka Anda bisa menghemat uang Anda dengan menggunakan software ini. Pilihan lain Anda bisa menggunakan LibreOffice dari OO.org.

Gimp
Sebelumnya saya telah menulis mengenai 5 free software editing untuk foto, namun jika Anda bekerja dengan gambar berukuran besar dan tidak bisa terhubung dengan jaringan yang dipakai maka saya sarankan Anda menggunakan Gimp. Gimp adalah sahabat Anda untuk memanipulasi gambar.

Blender
Perlu software untuk pemodelan gambar 3D? Beruntunglah bagi Andayang hidup dijaman ini disebabkan dimudahkannya tersedianya 3D Software, terima kasih untuk Blender yang saat ini programnya tersedia untuk
siapa saja dengan harga yang relatif murah. Software yang lain kita bisa memakai Sketchup.

Avast!
Jika Anda menggunakan software Mircosoft maka antivirus bagaikan pajak yang yang harus kita tanggung setiap tahunnya. Jika tak mau menggunakannya, maka Anda bisa memakai Avast!, robinhoodnya antivirus di dunia maya.

Grooveshark
Musik memang tak bisa dilepaskan dari kehidupan pelajar. Grooveshark memungkinkan Anda untuk memutar musik tanpa harus membayar sepersen pun, dan tentunya Grooveshark Radio akan selalu menjadi teman setia saat Anda belajar.

yEd
Perlu program untuk membuat diagram? yEd adalah jawabannya. Walau tampilannya tak sebersih OmniGraffle tapi yEd sangat mudah dipergunakan.

Viber
Tak semua fasilitas VoIP menyediakan fitur yang sama. Namun, Viber akan memberikan kemudahan untuk memeriksa siapa saja yang saat ini berada di jaringan Anda, dan siapa yang bisa Andatelepon secara gratis Jadi tak ada salahnya menyimpan program ini di smartphone Anda (android , iOS) sebagai sarana komunikasi sepanjang waktu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda