Prediksi Spanyol vs Uruguay Grup B Piala Konfederasi 2013

Spanyol akan memulai kampanye mereka menjuarai Piala Konfederasi pertama mereka sepanjang sejarah, dengan bertempur melawan Uruguay, juara Copa America 2011, pada Senin, 17 Juni 2013 pukul 05.00 WIB. Mampukah duet Luis Suarez dan Edinson Cavani mencuri gol dari juara Piala Dunia 2010 dan Euro 2012 ini?

Spanyol dengan cita rasa Barcelona yang makin kental. Demikian yang mungkin tergambar dalam duel juara Eropa vs juara Amerika Latin ini. Victor Valdes kemungkinan besar akan menempati posisi sebagai penjaga gawang utama. Meskipun Iker Casillas fit, ia lama tidak tampil sejak cedera dan Jose Mourinho lebih memilih Diego Lopez di Real Madrid. Sementara, di lini tengah, tidak adanya Xabi Alonso membuat Sergio Busquets lebih berpeluang menempati posisi sebagai jangkar daripada Javi Martinez.

Kelemahan terbesar Spanyol barangkali ada di  lini depan. Mereka tidak lagi memiliki penyerang tengah yang benar-benar tangguh. Pilihan antara David Villa atau Fernando Torres. Roberto Soldado yang menjadi penyelamat dalam duel melawan Republik Irlandia mungkin tetap akan berada di bangku cadangan.

Uruguay, sempat menjajal kekuatan La Furia Roja pada Februari tahun ini. Ketika itu mereka ditekuk 1-3 lewat gol-gol duo Barca: Cesc Fabregas dan Pedro Rodriguez. Kini kesempatan untuk membalas dendam datang. Meski masih berjuang di kualifikasi Piala Dunai 2014, pasukan Oscar Tabarez dipenuhi talenta penyerang yang luar biasa.

Di depan ada Luis Suarez dan Edinson Cavani, dua pria yang mengguncang bursa transfer musim panas tahun ini. Suarez yang melewati musim spektakuler di Liverpool, ditemani Cavani yang top skor Liga Italia. Ancaman serius untuk duet Gerard Pique-Sergio Ramos di lini belakang La Furia Roja.

Spanyol tidak hanya berambisi menang di laga pembuka untuk memudahkan jalan. Tetapi juga memperpanjang rekor tak pernah kalah dalam 22 pertandingan. Mereka pun memiliki rekor apik dalam enam pertemuan terakhir dengan wakil Amerika Selatan ini: tiga menang, tiga kalah. Di atas kertas, tentu sang juara dunia lebih diunggulkan. Tapi, siapa yang berani meremehkan Uruguay? Bukankah ini yang disiratkan oleh Santi Cazorla ketika berkata, “Laga terpenting (di babak penyisihan grup) adalah melawan Uruguay. Mereka sulit dikalahkan dan sangat kompetitif”?

Perkiraan Susunan Formasi

  • Spanyol (4-3-3): Valdes; Azpilicueta, Pique, Ramos, Alba; Xavi, Busquets, Iniesta; Pedro, Villa, Mata
  • Uruguay (4-3-3): Muslera; M Pereira, Lugano, Godin, Caceres; Perez, Gargano, Cebolla Rodriguez; Cavani, Forlan, Suarez

Prediksi Sidomi: 55-45