Scroll to Top

Pentingnya Memperhatikan Ukuran Pinggang

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 16 Jun 2013

pinggang

Ukuran pinggang bisa menjadi indikator besar kecilnya risiko kesehatan. Isu yang berkembang saat ini, ukuran panggang yang proporsional buat wanita adalah 90-60-90. Namun, ternyata dalam studi seorang ilmuwan Inggris menyatakan ukuran tersebut sudah termasuk membahayakan bagi tubuh.

Hans Vaaler, ilmuwan yang seorang ahli gizi tersebut mengungkapkan, ukuran pinggang wanita yang ideal terletak di angka 80-85 centimeter. Ukuran sebaiknya tidak kurang atau tidak lebih. Kelebihan lemak yang disimpan pada pinggang menimbulkan risiko ketidakseimbangan hormon dan menciptakan berbagai masalah bagi kesehatan.

Studi yang berkembang sebelumnya mengatakan ukuran pinggang wanita yang idel sebaiknya tidak melebihi 50 persen dari ukuran tinggi badannya. Sementara itu jika dikaitkan dengan berat badan, kelebihan lemak di pinggang yang menyebabkan sedikit kelebihan berat badan sekitar 5-7 kilogram masih bisa ditoleransi. Namun, jika berat badan sudah lebih dari itu, maka mengacu pada peningkatan risiko diabetes dan penyakit jantung.

Di lain sisi studi yang dilakukan London School of Hygiene andTropical Medicine menemukan, tambahan kelebihan berat badan menimbulkan risiko penyakit ginjal dua kali lebih tinggi. Orang-orang yang berisiko termasuk orang dengan bentu tubuh seperti “apel” atau membuncit di perutnya. Pinggang menjadi tidak membentuk dan perut membulat seperti buah apel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda