Scroll to Top

Baterai Polimer Pengganti Lithium Ion

By Ivan Azzam / Published on Tuesday, 13 Sep 2011

Profesor Ian Ward dari University of Leeds mengaku telah menemukan solusi dari permasalahan baterai lithium-ion saat ini dan baterai tersebut juga mudah diisi ulang (rechargeable).

Baterai lithium-ion yang ada saat ini sebenarnya mencukupi dalam hal memberi daya pada perangkat elektronik, namun sayangnya baterai jenis itu keras, berat, dan memiliki material berbahaya di dalamnya. Maka profesor Ward membuat alternatifnya yang aman.

Yang dilakukan profesor Ward adalah mengkombinasikan polymer yang layaknya karet dengan elektrolit cair serta bersifat konduktif (menghantarkan listrik). Proses yang disebut laminasi tersebut membentuk gel thermo-reversible ke dalam conductive film strip sekitar 70% cairan. Strip tersebut fleksibel, dan berukuran nanometer tebalnya, yang artinya mudah dikonfigurasi.

Baterai ini tidak hanya fleksibel saja, mereka bisa dengan mudah diproduksi besar-besaran dengan proses pemabrikan sekitar 10 meter setiap menitnya. Baterai tersebut juga bisa dipotong dan tak ada resiko kepanasan, karena elemen yang mudah terbakar terkunci di tingkat molekuler, dan yang paling bagus, biaya produksinya 10% lebih rendah dari baterai saat ini.

Universitas tersebut melisensikan teknologi baterai ini ke Polystor Energy Corporation, sebuah perusahaan yang berfokus pada baterai lithium-ion. Artinya semoga baterai ini bisa dipasarkan secepatnya dan diproduksi dengan masal. (via Geek)

 Scherri Lee Biggs,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda