Scroll to Top

Haswell-E, Prosesor Tercepat Intel dengan Dukungan Memori RAM DDR4

By Ditya / Published on Sunday, 16 Jun 2013
Intel Haswell-E
Intel Haswell-E

Belum lama Intel melepas jajaran Ivy Bridge-E yang memiliki spesifikasi yang cukup gahar, kini produsen prosesor x86 terbesar di dunia ini dikabarkan telah menyiapkan prosesor tercepatnya yang disebut dengan Haswell-E yang mengusung 8 core dan mendukung memori RAM DDR4 yang saat ini belum dirilis.

Prosesor Intel Haswell-E ini diposisikan untuk pasar kelas antusias yang mendambakan kinerja tinggi dan dengan harga yang tinggi tentunya. Prosesor Haswell-E ini nantinya akan menjadi bagian dari platform Halo yang rencananya akan dirilis oleh Intel pada tahun 2014 mendatang.

Platform Halo besutan Intel ini terdiri dari Haswell-E yang mengusung prosesor 8 core yang dilengkapi dengan teknologi HyperThreading, L3 cache sebesar 20M, diproduksi menggunakan proses fabrikasi 22nm dengan TDP diperkirakan mencapai 130 hingga 140W. Prosesor Haswell-E ini akan dipadukan dengan chipset Intel X99 dengan dukungan quad-channel memori RAM DDR4.

Intel Haswell-E

Seperti yang kita ketahui, memori RAM jenis DDR4 yang merupakan penerus dari DDR3 ini belum meluncur di pasaran. Nantinya, memori DDR4 ini akan menggunakan konektor 288-pin dan bekerja dengan voltase 1,2V.

Prosesor Intel Haswell-E ini menggunakan soket LGA (Land Grid Array) 2011-3 yang kabarnya tidak kompatibel dengan sokel LGA 2011 yang ada saat ini. Hal ini berarti pengguna prosesor Ivy Bridge-E harus melakukan upgrade motherboard untuk menggunakan prosesor Intel Haswell-E.

Kehadiran Haswell-E ini merupakan tindakan Intel untuk mengamankan pasar kelas antusias yang kini mendapatkan lawan dari kubu AMD dengan hadirnya prosesor FX seri 9000 yang dapat berlari dengan kecepatan 5GHz. Meski demikian, harus diakui bahwa Intel masih di depan AMD dari segi kinerja untuk pasar prosesor kelas atas.

Penasaran dengan performa prosesor gahar Intel Haswell-E? Mari kita tunggu rilisnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda