Share

Jorge Lorenzo, Dani Pedrosa, dan Marc Marquez MotoGP 2013 Catalunya Barcelona

Seolah membalas kegagalannya dalam meraih pole position pada sesi kualifikasi, Jorge Lorenzo melesat dari grid ketiga untuk memimpin jalannya lomba sejak awal hingga akhir dan keluar sebagai pemenang seri MotoGP 2013 Catalunya Barcelona.

Lorenzo yang sedang berada dalam performa terbaiknya pasca kemenangan di MotoGP Mugello Italia lalu kembali tampil sempurna pada lomba ini. Ia sukses meredam kecepatan duo Repsol Honda yang nyaris sepanjang lomba terus membuntutinya dengan jarak yang begitu dekat.

Meski beberapa kali Dani Pedrosa dan Marc Marquez berhasil mendekati Lorenzo dalam sejumlah kesempatan, namun pembalap Yamaha asal Spanyol tersebut mampu bertahan hingga akhirnya finis sebagai pemenang.

Sementara duel antara Lorenzo dan Pedrosa tidak terjadi, sebuah duel dari dua pembalap satu tim tersaji di menit-menit akhir jelang finis. Pedrosa dan Marquez terlibat dalam pertarungan perebutan posisi kedua.

Namun Pedrosa yang mencoba bermain rapi berhasil meredam agresivitas si bocah ajaib, Marquez. Hingga akhirnya Pedrosa finis di posisi kedua diikuti Marquez di posisi ketiga.

Posisi keempat menjadi milik Valentino ‘The Doctor’ Rossi dikuti Stefan Bradl dari tim LCR dan rekan senegara Rossi, Andrea Dovizioso, dari tim Ducati, masing-masing finis di posisi lima dan enam.

Bradley Smith dari tim Tech3 sukses membukukan hasil finis terbaiknya musim ini dengan meraih hasil finis ketujuh. Ia mengungguli Aleix Espargaro dari tim Aspar CRT yang keluar sebagai pemenang dari kategori CRT setelah finis di posisi kedelapan.

Hasil memuaskan juga diraih pembalap veteran, Colin Edwards, dari tim NGM CRT yang finis di posisi kesembilan. Posisi terakhir di sepuluh besar menjadi milik Michele Pirro yang sempat keluar lintasan saat lomba belum genap berjalan satu putaran namun mampu kembali melanjutkan lomba.

Seri MotoGP Catalunya Barcelona kali ini diwarnai dengan banyaknya insiden tunggal pembalap jatuh. Dimulai dari Alvaro Bautista disusul kemudian nama-nama familiar seperti Cal Crutchlow juga Nicky Hayden yang masuk ke dalam daftar korban keganasan Sirkuit de Catalunya.

Hasil MotoGP 2013 Catalunya Barcelona :

1. Jorge Lorenzo Yamaha 43m06.479s
2. Dani Pedrosa Honda + 1.763s
3. Marc Marquez Honda + 1.826s
4. Valentino Rossi Yamaha + 5.874s
5. Stefan Bradl LCR Honda + 26.756s
6. Bradley Smith Tech 3 Yamaha + 32.228s
7. Andrea Dovizioso Ducati + 32.692s
8. Aleix Espargaro Aspar Aprill + 58.615s
9. Colin Edwards Forward FTR-Kawasaki + 1m03.142s
10. Michele Pirro Pramac Ducati + 1m09.774s
11. Danilo Petrucci Ioda-Suter-BM + 1m24.377s
12. Claudio Corti Forward FTR-Kawasaki + 1m33.679s
13. Yonny Hernandez PBM Aprili + 1m45.355s
14. Bryan Staring Gresini FTR-Honda + 1m50.745s
15. Javier del Amor Avinitia FTR-Kawasak + 1 Lap
16. Lukas Pesek Ioda-Suter-BMW + 1 Lap

Retirements

Hector Barbera Avinitia FTR-Kawasaki 15 laps
Karel Abraham Cardion Aprilia 10 laps
Cal Crutchlow Tech 3 Yamaha 5 laps
Nicky Hayden Ducati 5 laps
Andrea Iannone Pramac Ducati 4 laps
Randy de Puniet Aspar Aprilia 1 lap
Alvaro Bautista Gresini Honda 0 laps
Michael Laverty PBM-Aprilia 0 laps