Share

Prediksi Tahiti vs Nigeria Grup B Piala Konfederasi 2013

Tahiti vs Nigeria; dua tim yang paling inferior di Grup B harus saling bunuh Di Grup B Piala Konfederasi 2013 pada Selasa, 18 Juni 2013 pukul 02.00 WIB. Kesempatan bagi juara Piala Afrika 2013 untuk memetik kemenangan sebelum bertemu lawan yang lebih berat, Spanyol dan Uruguay.

Perbandingan akan apa yang terjadi di Estádio Governador Magalhães Pinto bisa dilihat dari selisih ranking FIFA Tahiti dan Nigeria yang demikian jomplang. Super Eangles ada di peringkat 28, sementara Team Fenua terpaut 110 posisi dengan mereka. Tapi, perbedaan di atas kertas ini bisa buyar dengan persiapan Nigeria yang cukup kacau menjelang keberangkatan ke Piala Konfederasi.

Berbeda dengan Nigeria yang sempat menjajal Meksiko dalam pertandingan ujicoba menjelang turnamen ini, Tahiti hanya berhadapan dengan negara-negara yang ada di zona Oseania. Itu pun dengan catatan yang kurang memuaskan. Empat pertandingan terakhir, pasukan Eddy Etaeta kalah tiga kali dan cuma menang sekali.

Bicara pengalaman, kehadiran mereka di Piala Konfederasi 2013 adalah yang pertama dalam sejarah negara kecil ini. Berbeda dengan Nigeria yang dalam satu-satunya partisipasi pada tahun 1995 berhasil duduk di peringkat empat.

Sayangnya Super Eagles tidak dalam kondisi lengkap. Penyerang Victor Moses dan Emmanuel Emenike tidak dibawa karena cedera. Pemain Lazio, Ogenyi Onazi, ikut masuk dalam daftar skuad, namun bisa jadi ia hanya menonton laga kali ini. Selebihnya, yang dihadirkan oleh Stephen Keshi adalah campuran pemain di liga lokal dan mereka yang merantau ke Eropa; dan banyak di antaranya belum memiliki 20 caps.

Sementara Tahiti, mengandalkan skuad yang berlaga di liga domestik. Cuma ada seorang Marama Vahirua, satu-satunya pemain mereka yang merumput di Eropa bersama Panthrakikos. Juara OFC tahun lalu juga berharap pada gebrakan Tehau bersaudara, Alvin dan Lorenzo.

Perbandingan antara Tahiti dan Nigeria cukup kontras. Tidak salah jika Super Eagles dijagokan menang lebih dari dua gol. Tapi, siapa tahu baisan belakang Tahiti yang dipimpin kapten Nicolas Vallar bisa memberi sedikit kejutan. Toh ini kesempatan sebelum melawan dua tim yang lebih sulit: Spanyol dan Uruguay.

Perkiraan Susunan Formasi

  • Tahiti (5-4-1):  Roche; Simon, Ludivion, Caroine, Faatiarau, Vero; Bourebare, Tehau, Chong-Hue, Vahirua; Tehau
  • Nigeria (4-3-3): Enyeama; Ambrose, Omeruo, Oboabona, Echiejile; Mba, Mikel, Ogude; Musa, Ideye,Oduamadi

Prediksi Sidomi: 40-60