Scroll to Top

Gara-gara Curi iPhone, Maling Ini Justru Tertangkap

By Ibnu Azis / Published on Monday, 17 Jun 2013

iPhone

Teknologi GPS membantu seorang pria di California, Amerika Serikat, namun jadi mimpi buruk bagi pria lain. Gara-gara mencuri sebuah tas yang berisi gadget mewah, seorang maling justru tertangkap akibat terlacak berkat teknologi Global Positioning System.

Dikutip dari CNET News, kasus ini bisa jadi peringatan bagi pencuri di luar sana yang miliki niat untuk menggasak telepon pintar. Teknologi GPS di smartphone bisa dimanfaatkan untuk melacak keberadaan ponsel yang hilang. Lantas bagaimana kasus di atas bermula?

Enner Mendoza, korban pencurian ini, tahun lalu dirampok tiga pria tak dikenal. Mereka memaksa meminta tas yang ia bawa termasuk arloji dan dompet. Enner Mendoza kemudian segera kembali ke rumah dan menelepon polisi untuk laporkan perkara yang ia alami.

Sang maling tak menyadari jika di dalam Enner Mendoza berisi beberapa gadget canggih. Sebut saja ada iPhone dan iPad. Setelah kembali ke rumah ia kemudian lakukan pelacakan lokasi iPhone-nya di komputer. Setelah lokasi ditemukan, Enner Mendoza langsung menelepon polisi.

Tak perlu menunggu lama polisi mampu membekuk para pelaku. Mobil mereka diparkir di sebuah toko minuman keras dengan barang bukti ada di dalamnya. Sang pelaku sendiri tertangkap berada dalam mobil dengan mengantongi pistol palsu.

Teknologi GPS tidak hanya kali ini mengungkap kasus kejahatan. Namun kasus pencurian smartphone terutama iPhone sering terjadi khususnya di Kota New York. Perangkat ini memang canggih, mahal, tapi mudah dicuri. Bahkan NYPD (Kepolisian New York) miliki tim khusus untuk tangani kasus pencurian telepon pintar Apple itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda