Scroll to Top

WhatsApp Terancam Diblokir Minggu Ini di Arab Saudi

By Ditya / Published on Monday, 17 Jun 2013

whatsapp

Aplikasi mobile chat populer WhatsApp terancam diblokir minggu ini atau beberapa minggu ke depan di negara Arab Saudi. Langkah pemblokiran ini dilakukan oleh pemerintah Arab Saudi karena aplikasi mobile chat WhatsApp tersebut dinilai tidak sesuai dengan peraturan negara tersebut.

Komisi Komunikasi dan Teknologi Informasi Arab Saudi mengatakan bahwa pihaknya akan menindak aplikasi chatting yang tak sesuai dengan peraturan dan regulasi pemerintah. Pekan lalu, aplikasi pesan suara populer, Viber, telah diblokir oleh pemerintah Arab Saudi.

“Kami telah berkomunikasi dengan WhatsApp dan platform komunikasi sejenis lainnya untuk mengajak mereka bekerja sama dan mematuhi aturan penyedia telekomunikasi Arab Saudi, namun tidak ada yang datang dari pihak mereka.”

“Kami memberi mereka satu minggu untuk mematuhi dan kami telah berkomunikasi dengan mereka sejak Maret ternyata sia-sia. Oleh karena itu, ini telah meninggalkan kita tanpa pilihan selain untuk memblokir layanan ini, dimulai dengan Viber,” kata Abdullah Al-Darrab, gubernur CITC Arab Saudi.

Seperti yang dilansir dari CNET (16/06/2013), pemerintah Arab Saudi juka pernah memblokir layanan BlackBerry Messenger karena dianggap melanggar peraturan. Pemerintah Arab Saudi waktu itu mengeluh tak dapat mengetahui pesan yang dikirimkan melalui BBM karena telah dienkripsi oleh pihak BlackBerry.

Arab Saudi berdalih bahwa hal tersebut dilakukan untuk mencegah ancaman keamanan nasional. Kini, aplikasi lain seperti WhatsApp, Skype, dan Viber menjadi target pemerintah Arab Saudi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda