Scroll to Top

Dalam Dua Tahun, Pil KB Kurangi Kepadatan Tulang Pemakainya

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 14 Sep 2011

Kalau Anda memilih alat kontrasepsi berupa pil, sebaiknya perhatikan asupan nutrisi untuk tulang. Karena, menurut penelitian Group Health Research Institute (GHRI), pil kontrasepsi dapat mengurangi kepadatan tulang hingga satu persen yang bisa dirasakan efeknya setelah pemakaian dua tahun.

Fokus penelitian dilakukan pada wanita berusia 20-an tahun. Pada umur sekian, tulang masih tumbuh dengan aktif dan pengguna kontrasepsi oral cukup banyak.

Hasilnya, dampak negatif kontrasepsi oral tergolong kecil pada usia tersebut. “Tetapi seiring dengan waktu, efek itu akan lebih besar, bergantung pada dosis hormon,” kata Delia Scholes, PhD, peneliti senior GHRI.

Dalam penelitian tersebut dilibatkan sebanyak 301 wanita remaja usia 14-18 tanun, dan 305 wanita dewasa usia 19-30 tahun. Mereka diukur pinggulnya, tulang belakang, dan kepadatan tulangnya. Mereka diberikan pil kontrasepsi dengan dosis 30-35 mikrogram.

Setalah dua tahun, ternyata kepadatan tulang hilang sebesar satu persen dibanding wanita yang tidak menggunakannya. Dan, proses hilangnya kepadatan itu tetap berlangsung meski sudah 12-24 berhenti mengonsumsinya. Itu terjadi pada dua kelompok umur yang diteliti.

Untuk itu, bagi pengguna pil kontrasepsi sebaiknya secara rutin mengonsumsi makanan yang tinggi kalsium dan vitamin D. Direkomendasikan untuk melakukan latihan beban, tidak merokok, dan tidak meminum alkohol.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda