Radja Nainggolan

Radja Nainggolan bakal menantang Timnas Indonesia U-23 dalam laga persahabatan yang dijadwalkan akan berlangsung pada 19 Juni 2013 di Stadion Gelora Bung Karno. Melawan Timnas Indonesia U-23, Radja Nainggolan akan bergabung dengan tim Jakarta All Stars yang diperkuat oleh para jagoan tua mantan pemain Timnas Indonesia dan juga sejumlah pemain muda yang tidak tergabung di Timnas Indonesia U-23. Sebenarnya, siapa sih Radja Nainggolan itu?

Dilihat dari namanya, Radja Nainggolan tampak familiar dengan Indonesia karena nama belakangnya adalah salah satu marga Batak. Tapi, jangan salah, Radja Nainggolan justru tercatat sebagai pemain tim nasional Belgia sejak U-16 hingga level senior. Di tim nasional Belgia senior, gelandang berusia 25 tahun ini sudah mengemas 4 caps.

Radja Nainggolan memang berdarah asli Indonesia. Ya, ayahnya bernama Marius Nainggolan, orang Batak asli, yang menikah dengan seorang perempuan Belgia bernama Lizi Bogaerd. Radja Nainggolan sendiri lahir di Antwerp, Belgia, pada 4 Mei 1988, dan saat sudah waktunya, ia memilih menjadi warga negara Belgia ketimbang Indonesia.

Saat ini, Radja Nainggolan berkiprah di Liga Italia Serie A bersama Cagliari. Kiprah sepakbolanya dimulai dari Germinal Beerschot, klub Belgia yang berasal dari tanah kelahirannya, yakni Antwerp. Di usia 19 tahun, Radja Nainggolan hijrah ke klub Italia, Piacenza, sebelum akhirnya berbaju Cagliari sejak tahun 2010.

Di tim nasional Belgia, Radja Nainggolan sudah malang-melintang sejak level junior. Mulai dari tim nasional Belgia U-16, U-19, U-20, U-21, hingga saat ini di tim nasional Belgia senior.

Radja Nainggolan termasuk salah satu pemain andalan di Cagliari. Buktinya, hingga saat ini, ia sudah tampil sebanyak 101 kali bersama tim peserta Serie A itu. Aksinya bersama Cagliari pun telah memikat sejumlah klub besar di Eropa. Awal musim lalu, Juventus disebut-sebut sangat berminat untuk merekrut Radja Nainggolan, tapi belum terwujud.

Selain Juventus, beberapa klub mapan lainnya dikabarkan juga tertarik pada si anak Batak tersebut, termasuk AC Milan, Napoli, Tottenham Hotspur, dan sejumlah klub lainnya. Namun, untuk musim depan, belum pasti Radja Nainggolan akan pindah klub atau masih tetap di Cagliari yang musim ini finish di posisi 11 Serie A.