Scroll to Top

Honda Civic Dari Masa ke Masa

By Ilham Choirul / Published on Monday, 17 Jun 2013

civic kuno

Tahukah Anda? Honda Civic yang ada sekarang ini sebenarnya hasil  metamorfosis yang cukup lama. Civic sudah dibuat sejak Juli 1997 dalam bentuk coupe dua pintu. Dalam tahun yang sama, Honda membuat versi hatchback tiga pintu di bulan September. Nama “civic” sendiri bermakna “sesuatu yang berkatan dengan penduduk, kota, dan hubungan antarpenduduk”. Dari namana ini lalu muncul slogan “mobil untuk semua orang” dan “mobil untuk dunia”.

Lebih dari tiga dasawarsa Honda Civic mampu mempertahankan eksistensinya. Mobil ini memiliki pangsa pasa tersendiri dan lebih maju di antara mobil sekelasnya. Sekitar 160 negara telah disinggahi oleh Honda Civic sebagai kendaraan dunia.

Secara umum perkembangan Honda Civic dibagi menjadi empat generasi awal hingga akhirnya mengalami kemajuan menjadi mobil modern. Dikutip dari OmegaMobil, pembagiannya sebagai berikut:

  1. Generasi pertama (1973-1979). Pada generasi ini, produksi Civic dilakukan pada 1972 dan didistribusikan mulai 1973. Mesin yang dipakai berukuran 1,4L 4 segaris.  Lalu pada 1975 memakai mesin CVCC 1,5L bertenaga 53 hp yang lebih efisien kerja karena tanpa catalic converter dan BBM bebas timbal.
  2. Generasi kedua (1980-1983). Dalam era ini, Civic dibuat lebih besar dan membulat dari sisi eksteriornya. Mesin yang dipakai adalah CVCC  yang mempunyai tiga katup dalam setiap silinder. Kapasitasnya terdiri dari 1335 cc yang mampu menghasilkan tenaga 55 hp, dan mesin 1500 cc yang memiliki tenaga 67 hp. Ada tiga jenis transmisi yang dipasarkan, yaitu manual 4 kecepatan, manual 5 kecepatan, dan transmisi semi otomatis.
  3. Generasi ketiga (1984-1987). Di tahun 1984, Civic memakai mesin CVCC seri D, 4 silinder, dengan kapasitas 1500 cc. Di tahun yang sama, dirilis Honda Civic Si di Jepang dengan pernaikan pada suspensi. Mesinnya 1,6  L DOHC dan mampu mengeluarkan tenaga 130 ps. Honda juga telah membuat versi 4WD untuk Civic.
  4. Generasi keempat (1988-1991). Pada tahun 1988, ada perubahan dimensi dan garis kap mesin yang lebih renda. Honda membuatnya menjadi berbagai model dan level trim. Untuk pasar Jepang memakai Sir, Eropa VTI (termasuk B16A mesin VTEC DOHC), Inggris dan Eropa 1.6i-16 (mesin DOHC D16A9), dan di Selandia Baru GTi. Generasi keempat ini mulai terlihat suspensi belakang yang sepenuhnya independen pada berbagai model.

Sementara itu, Honda Civic yang masuk ke pasar Indonesia terbagi menjadi beberapa tipe:

  • Generasi pertama dinamakan Honda Civic.
  • Generasi kedua disebut Honda Civic Excellent.
  • Generasi ketiga dijuluki Honda Civic Wonder, yang memiliki versi sedan empat pintu dan hatchback dua pintu.
  • Generasi keempat adalah Honda Grand Civic. Pada generasi ini terbagi menjadi Grand Civic LX  yaitu sedan 4 pintu, dan Honda Civic Nova yaitu hatchback dua pintu.
  • Generasi kelima terdiri dari  Honda Civic Genio yaitu sedan empat pintu, dan Honda Civic Estillo untuk kelas hatchback dua pintu.
  • Generasi keenam adalah Honda Civic Ferio, berupa sedan empat pintu.
  • Generasi ketujuh dan kedelapan juga sedan 4 pintu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda