Scroll to Top

6 Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Menggunakan Microwave

By Ilham Choirul / Published on Monday, 17 Jun 2013

microwave

Memakai microwave memang praktis untuk memanggang atau memanaskan makanan. Tinggal colok listrik dan mengatur suhunya, Anda bisa mendapatkan makanan dengan segera. Namun, ada beberapa hal yang perlu dipahami dalam menggunakan microwave, yaitu:

  1. Jauhkan dari logam. Jangan pernah Anda masukkan sesuatu yang terbuat dari logam ke dalam microwave. Menggunakan microwave bersama logam berisiko merusak oven, terjadi lengkungan,  dan menimbulkan percikan api.  Termasuk di dalamnya adalah wadah dari logam dan penutup alumunium foil. Sebagai gantinya, pakailah wadah dari kaca atau wadah lain yang diperuntukkan untuk microwave.
  2. Jauhkan  benda yang mudah terbakar ikut masuk ke dalam oven microwave. Sebab, kemungkinan besar akan memicu keluarnya api atau meledaknya benda tersebut di dalam alat.
  3. Sebaiknya memanaskan makanan dalam kondisi terbuka. Sebab, makanan yang masih tersegel bisa jadi akan meledak saat dalam proses pemanasan. Juga, hindari untuk memasukkan makanan ketika microwave sedang bekerja.
  4. Pastikan pintu tertutup rapat saat akan mengaktifkan microwave. Selain itu, periksa secara berkala klep pintu, permukaan dalam, hingga rongga oven untuk memastikan kondisinya bebes dari kotoran. Jika perlu, bersihkan secara rutin.
  5. Kalau microwave berbau apek atau tidak enak, Anda bisa membuat ramuan berikut untuk mengusirnya. Caranya, siapkan secangkir air panas yang ditambahkan setengah cangkir air lemon. Masukkan ke dalam microwave dan biarkan selama 10-15 menit agar bau tidak enak segera hilang.
  6. Noda membandel di dalam microwave bisa dibersihkan dengan menempatkan handuk basah ke dalamnya, lalu mengaktifkannya dengan suhu tinggi. Hal ini akan melepaskan kotoran sehingga lebih mudah untuk diambil.  Cara lainnya adalah memasukkan cairan pembersih piring ke dalam mangkuk pembersih air dan mengaktifkan microwave. Setelah kotora lepas, tinggal dibersihkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda