Scroll to Top

Nyanyi Lagu Selamat Ulang Tahun Tanpa Izin Bisa Kena Gugat

By Ibnu Azis / Published on Monday, 17 Jun 2013

Ulang Tahun

Lagu Selamat Ulang Tahun atau Happy Birthday to You adalah lagu wajib yang biasa dinyanyikan tatkala perayaan HAUL (hari ulang tahun) tiba. Namun jangan asal menyanyikan lagu tersebut sembarang terlebih untuk tujuan komersial. Sebab, Anda bisa digugat pemegang royaltinya.

Perusahaan Warner/Chappell menklaim hak cipta atas lagu tersebut. Lagu Happy Birtday to You sendiri dinobatkan Guinness World Records sebagai lagu terlaris sepanjang masa. Nah ada yang menarik soal gugatan hukum terkait hak cipta ini.

Bulan Maret lalu, Warner/Chappell meminta royalti USD 500 sebagai izin penggunaan lagu itu dalam sebuah film dokumenter. Kini, Good Morning to You Productions Corporation, menggugat semua pihak yang ikut membayar royalti atas penggunaa lagu Happy Birthday to You.

Gugatan itu miliki tujuan agar Warner/Chappell mengembalikan jutaan dolar royalti yang telah mereka terima selama bertahun-tahun. Mark Rifkin, salah satu pengacara berujar pada Daily Mail, jika lagu Selamat Ulang Tahun diciptakan oleh masyarakat, milik publik, dan harus kembali ke publik.

Happy Birthday To You

Lagu Selamat Ulang Tahun sendiri dikenal diciptakan oleh Patty Smith Hill dan Mildred Hill pada tahun 1893. Lagu ini mulanya berjudul Good Morning to All yang diperuntukkan bagi siswa Sekolah Dasar. Good Morning to You Productions Corporation berpendapat jika lagu itu bertahun cipta 1893. Jika memang berhak cipta maka seharusnya telah berakhir sejak tahun 1921.

Sementara itu Warner/Chappell berpendapat lain. Hak cipta lagu ekslusif yang mereka pegang pada penggunaan piano yang diterbitkan tahun 1935. Mereka miliki hak cipta terbatas atas reproduksi dan distribusi aransemen piano lagu tersebut. Bukan melodi serta lirik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda