Scroll to Top

Kongres PSSI Resmi Ditutup, Ini Hasilnya!

By Agus Prasetyo / Published on Monday, 17 Jun 2013

Djohar Arifin Husin

PSSI resmi menutup kongresnya hari ini (Senin, 17/6/13), yang digelar di Hotel Shangri La Surabaya. Lantas apa sajakah keputusan penting yang telah diambil dalam kongres tersebut?

Sejumlah keputusan penting yang diambil antara lain adalah pemecatan enam anggota Komite Eksekutif (Exco) yakni Farid Rahman, Sihar Sitorus, Bob Hippy, Tuty Dau, Mawardi Nurdin dan Widodo Santoso.

Selain dipecat keenamnya juga disanksi larangan berkecimpung di sepak bola nasional selama 10 tahun ke depan.

Keenam mantan Exco itu dianggap membahayakan sepak bola Indonesia, saat melakukan walk out pada Kongres Luar Biasa (KLB) 17 Maret 2013 lalu.

Pasalnya PSSI menganggap jika KLB saat itu menemui jalan buntu, maka bisa saja FIFA akan menjatuhkan sanksi kepada PSSI. Selain itu keenamnya juga dituduh melakukan pemalsuan dokumen PSSI.

Dalam kongres PSSI ini juga mengukuhkan empat Exco baru yakni La Siya, Djamal Azis, Hardi Hasan dan Zulfadli.

Alhasil dengan diangkatnya beberapa orang baru, maka Exco PSSI kini menjadi berisi 15 personel.

Sementara untuk menggantikan enam anggota yang dipecat, Exco PSSI akan membentuk Komite Pemilihan berisi sembilan orang dan Komite Banding Pemilihan berisi lima orang untuk menggelar pemilihan Enam Exco pada Kongres berikutnya.

Kongres PSSI ini juga telah menerima laporan pertanggungjawaban kinerja PSSI dan laporan keuangan dengan baik.

Soal kompetisi ISL rencananya akan diikuti 22 klub, dengan perkiraan kompetisi mencapai satu tahun.

Karena pada 2014 akan ada banyak agenda nasional maupun internasional seperti Piala Dunia, Pemilihan Presiden 2014 maupun Hari Raya Idul Fitri.

Untuk kompetisi amatir diperkenalkan sistem baru dengan konsentrasi pengelolaan pada tingkat provinsi, namun detail akan dibahas lebih lanjut.

PSSI juga mengumumkan mundurnya Hadiyandra sebagai sekretaris jenderal PSSI dan digantikan CEO PT Liga Indonesia, Djoko Driyono. Nasib CEO PT Liga akan dibahas pada RUPS PT Liga terdekat.

PSSI juga sepakat membentuk tiga asosiasi yakni asosiasi pemain, asosiasi pelatih dan asosiasi futsal.

Untuk asosiasi pemain, PSSI mengakomodir Asosiasi Pemain Sepak bola Nasional Indonesia (APSNI) yang dipimpin oleh Mundari Karya.

Untuk asosiasi pelatih PSSI mengakomodir Asosiasi Pelatih Sepak bola Indonesia (APSI) pimpinan G.H Sutedjo.

Namun asosiasi tersebut tidak begitu saja diakomodir. PSSI akan menempatkan ketua ad-interim untuk memimpin kongres asosiasi tersebut dan membentuk Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) yang sejalan dengan AD/ART PSSI.

PSSI juga sepakat untuk membentuk Asosiasi Sepak bola Wanita dan Asosiasi Wasit dalam waktu mendatang.

Tagged as:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda