Scroll to Top

Timnas Indonesia: Jacksen F. Tiago Ogah Jadi WNI, Ini Alasannya!

By Aditya / Published on Monday, 17 Jun 2013

jacksen f tiago timnas indonesia

Sudah hampir dua dekade pelatih Timnas Indonesia, Jacksen F. Tiago, tinggal di negeri ini, baik semasa menjadi pemain hingga saat ini menjadi pelatih. Namun, pelatih Timnas Indonesia asal Brasil ini ternyata ogah menjadi WNI meskipun jalan menuju ke sana sudah sangat terbuka. Apa alasan Jacksen F. Tiago enggan berganti kewarganegaraan?

Ada dua alasan kuat mengapa Jacksen F. Tiago tidak mau menjadi WNI. Pertama adalah faktor ibundanya, dan yang kedua karena ia sangat mencintai Brasil sebagai tanah kelahirannya.

“Saya punya ibu orang Brasil, saya cinta Brasil. Saya warga negara Brasil dan itu akar hidup saya yang tidak bisa ditawar,” tandas Jacksen F. Tiago di Jakarta belum lama ini.

“Saya sangat mencintai ibu saya. Saya tidak mungkin mengkhianati dia yang telah mendukung saya,” lanjutnya.

Jacksen F. Tiago mulai berkiprah di Indonesia sejak tahun 1994 saat ia bergabung dengan tim asal Gresik, Petrokimia Putra. Setahun kemudian, pelatih Timnas Indonesia yang juga membesut Persipura Jayapura ini hijrah ke PSM Makassar, lalu ke Persebaya Surabaya hingga tahun 1998.

Sempat merumput di Singapura bersama Geylang United selama setahun, Jacksen F. Tiago kembali ke Indonesia pada tahun 1999 dan bergabung lagi dengan tim Bajul Ijo. Tahun 2001, sosok kelahiran Rio de Janeiro, Brasil, ini menutup karirnya sebagai pemain bersama Petrokimia Putra.

Setahun berselang, Jacksen F. Tiago memulai karir barunya sebagai pelatih. Berawal dari Assyabaab Surabaya (2002–2003), Persebaya Surabaya (2003–2005), Persita Tangerang (2006), Persiter Ternate (2007), Mitra Kukar (2008), Persitara Jakarta Utara (2008), hingga membesut Persipura Jayapura (2008-sekarang) dan Timnas Indonesia sampai saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda