Scroll to Top

Tahiti vs Nigeria 1-6: Hasil Piala Konfederasi 2013

By Fitra Firdaus / Published on Tuesday, 18 Jun 2013

Tahiti vs Nigeria 4

Hasil pertandingan Tahiti vs Nigeria di Grup B Piala Konfederasi 2013, berakhir dengan skor 1-6. Bermain pada Selasa, 18 Juni 2013, hattrick Nnamdi Oduamadi, dua gol dari Uwa Echiejile, dan satu gol bunuh diri Jonathan Tehau membuat Super Eagles berpesta. Hasil ini membuat Nigeria sementara memimpin klasemen Grup B di atas Spanyol.

Duel Nigeria vs Tahiti memang sangat kontras. Meskipun berstatus sebagai juara OFC (Oseania), Tahiti berselisih 110 peringkat dari Nigeria di ranking FIFA. Belum lagi kenyataan bahwa hanya ada satu pemain yang benar-benar profesional yang dibawa Tahiti ke turnamen ini.

Kegugupan. Barangkali demikian yang menjadi pembeda antara Super Eagles dan Team Fenua. Dalam 10 menit pertama, gawang Xavier Samin sudah terjebol dua kali. Yang pertama oleh bek kiri Uwa Elderson Echiejile.  Bola sapuan Tahiti membentur wasit, dan mengarah pada Echiejile yang melepaskan tembakan yang mengenai bahu kapten Tahiti, Nicolas Vallar, dan masuk ke gawang. 0-1 di menit 5.

Selang lima menit, kesalahan lini belakang Tahiti membuat Nnamdi Oduamadi menghindari beberapa tackle sebelum menyarangkan bola ke gawang Samin.

Tahiti bukannya tidak menyerang. Dengan kualitas yang dipunyai, mereka layak diacungi empat jempol. Tapi, lagi-lagi kesalahan sendiri membuat gol ketiga Nigeria lahir. Umpan silang Ahmed Musa yang sebenarnya sepele, gagal diamankan oleh Samin, dan Oduamadi ada di posisi tepat untuk merampas bola, lalu mencetak gol di menit 26.

Upaya Tahiti yang tak mengenal lelah, masih harus menunggu sekian menit. Babak pertama ditutup dengan skor 0-3, dan kejutan manis hadir sembilan menit babak kedua bergulir. Berawal dari tendangan penjuru Marama Vahirua, Jonathan Tehau melompat untuk menanduk bola ke gawang Vincent Enyeama. Sebuah gol yang disambut layaknya kemenangan oleh wakil Oseania.

Tahiti vs Nigeria 2

Sejak saat itulah Tahiti semakin percaya diri. Sayang, mereka justru terbobol lagi melalui gol bunuh diri Jonathan Tehau. Lalu, hadirlah gol pahit, ketika Nnamdi Oudumadi menciptakan hattricknya di menit 76 menyelesaikan umpan cantik Brown Ideye.

Jarak makin melebar pada menit 80. Samin hanya bisa menepis umpan silang yang mengarah ke kotak penalti, tapi tepisannya tidak sempurna. Lalu, ada seorang Uwa Elderson Echiejile yang memanfaatkan keadaan. Skor akhir 1-6, dan Super Eagles terbang tinggi, melampaui Spanyol, setidaknya hingga matchday 1.

TAHITI (5-4-1): Samin; Caroine, J Tehau, Vallar (Stephane Faatiarau ’54), Ludivon, , Aitamai; Chong Hue, Vahirua (Stanley Atani ’70), Simon (Lemarie ’77), Bourebare; A Tehau.

NIGERIA (4-3-3): Enyeama; Ambrose, Omeruo (Azubuike Egwueke ’74), Oboabona, Echiejele; Ogude, Mikel, Mba (John Ogochukwu Ogu ’55); Oduamadi, Ujah (Ideye ’52), Musa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda