Scroll to Top

Nnamdi Oduamadi Pemain Kesembilan Yang Hattrick di Piala Konfederasi

By Fitra Firdaus / Published on Tuesday, 18 Jun 2013

Nnamdi Oduamadi

Nnamdi Oduamadi menciptakan hattrick ke gawang Tahiti untuk membantu Nigeria menang besar 1-6 di pertandingan pertama Super Eagles di Grup B Piala Konfederasi 2013. Sepanjang sejarah, ada delapan pemain yang lebih dahulu mencetak gol dalam satu partai di turnamen ini. Siapa saja mereka?

Pencipta hattrick pertama di Piala Konfederasi adalah Vladimir Smicer. Ini terjadi pada gelaran perdana turnamen ini (tahun 1997)setelah lepas dari nama terdahulu, Piala Raja Fahd. Smicer mencetak hattrick saat Republik Ceska menang 6-1 atas Uni Emirat Arab di babak penyisihan grup.

Selanjutnya ada duo Brazil, Ro-Ro (Ronaldo dan Romario). Keduanya mencetak tiga gol dalam pertandingan yang sama, ketika tim Samba mencukur Australia 6-0 di final Piala Konfederasi 1997.

Yang lebih sensasional, adalah yang dilakukan oleh Cuahtemoc Blanco (Meksiko) dan Marzouk Al-Otaibi (Arab Saudi). Pada gelaran Piala Konfederasi dua tahun berselang, mereka menciptakan empat gol. Blanco si bengal mencetak  quattrick kala timnya bersua Arab Saudi 5-1. Selang satu pertandingan kemudian, Al-Otaibi mengobati kekecewaan negaranya dengan menciptakan jumlah gol serupa kala Arab menyikat Mesir, 5-1 pula.

Penyihir Brazil Ronaldinho, juga termasuk mereka yang mencetak hattrick di turnamen yang mempertemukan raja-raja zona masing-masing ini. Dinho melakukannya kala Brazil menyikat Arab Saudi 8-2 di semifinal Piala Konfederasi 1999.

Luciano Figueroa (Argentina) dan Fernando Torres (Spanyol) adalah dua nama terakhir yang membukukan hattrick di turnamen ini. Figueroa melakukannya saat Argentina menyikat Australia 4-2 di Piala Konfederasi 2005, sedangkan Torres berbuat demikian di Piala Konfederasi 2009 saat La Furia Roja menyikat Selandia Baru 5-0.

Nah, setelah Nnamdi Oduamadi, adakah pemain lain yang memborong tiga gol di Piala Konfederasi 2013?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda