Scroll to Top

FB Siapkan Fitur Video Sharing Instagram Pekan, Jiplak Vine?

By Ibnu Azis / Published on Tuesday, 18 Jun 2013

Logo Instagram

Facebook bakal ngopi bareng dengan media di kantor mereka Kamis pekan ini. Ditengarai, FB akan merilis fitur video sharing di aplikasi mereka Instagram. Demikian tulis Telegraph.

Jika memang rumor ini benar maka semakin komplet kiprah Facebook menjiplak fitur Twitter. Sebelumnya, Facebook telah merilis fitur hashtag. Sebuah fitur yang telah jadi identitas cukup lama dan melekat di Twitter.

Facebook juga mengubah tombol ‘berlanggaan’ jadi Follow. Ini juga sangat identik dengan Twitter. Belum lama ini, Facebook juga sematkan tanda centang verified untuk merujuk ke figur populer. Lagi-lagi ini juga ‘milik’ Twitter.

Fitur berbagi video mungkin bukan milik Twitter. Lebih tepatnya adalah hak cipta dari Vine. Namun, aplikasi yang telah dimiliki Twitter ini luncurkan fiturnya pada awal tahun ini di iOS. Pun juga hadir di Android.

Lantas mengapa dikatakan ‘menjiplak’? Sebab, menurut laporan Techcrunch, dari sumber terdekat, fitur berbagi video ini akan miliki durasi singkat. Sesingkat apa? Sumber terdekat tersebut urung berikan informasi detail.

Vine sendiri berbagi video dengan durasi sangat terbatas. Seperti induknya, Twitter, video Vine hanya dibatasi enam detik saja. Lantas berapa detik yang diberlakukan FB ke Instagram? Belum ada kabar soal itu.

Jika melihat dari rohnya, Instagram adalah aplikasi plus jejaring sosial berbagi foto. Tetapi, aplikasi ini sudah sah milik Facebook. Jika Mark Zuckerberg ingin mengotak-ngatiknya, Kevin Systrom dkk pun tak berdaya untuk melarangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda