Scroll to Top

Dmitry Itskov: Ingin Hidup Kekal, Taipan Rusia Ciptakan Robot Canggih

By Ibnu Azis / Published on Tuesday, 18 Jun 2013

Robot Canggih

Siapa yang tak ingin hidup abadi. Mungkin terinspirasi dari sosok dewa, Dmitry Itskov, taipan Rusia ingin hidup kekal. Menggandeng sejumlah ilmuwan terkemuka, ia bermimpi ciptakan sebuah robot canggih masa depan. Robot seperti apa yang ada dalam benaknya?

Jika Anda pernah melihat film Avatar (2009), mungkin seperti itulah bayangan Dmitry Itskov. Sebuah robot canggih akan diposisikan sebagai pengganti tubuh manusia. Dmitry Itskov ingin kemampuan manusia termasuk otak ditransfer ke robot ketika tubuhnya sakit atau menua.

Robot Canggih

Dmitry Itskov yakin dan percaya jika teknologi dewasa ini mampu membuktikan apa yang ia cita-citakan. Target yang ia patok, tahun 2020 nanti, robot canggih ciptaan ilmuwan sudah bisa dikendalikan (remote) otak manusia dari jarak jauh.

Dmitry Itskov miliki road map bertahap dengan cita-citanya itu. Tahun 2025, ia harapkan adanya peningkatan. Otak manusia diharapkan bisa ditransplantasi ke tubuh robot. Tahun 2035, diharapkan otak manusia sudah mampu dipindahkan ke komputer. Dan tahun 2045, otak manusia secara penuh mampu kendalikan tubuh ‘khayalannya’ itu.

Dmitry Itskov
Dmitry Itskov

Namun ide gila Dmitry Itskov dianggap tak masuk akal oleh para ilmuwan ahli saraf. Ambisi Dmitry Itskov dinilai tidak realistis. Pertanyaan yang membelenggu mereka, dampak yang ditimbulkan terhadap kehidupan manusia bilamana teknologi tersebut sedianya terwujud.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda