Scroll to Top

Nokia Lumia Quad Core Disiapkan?

By Ditya / Published on Tuesday, 18 Jun 2013
Nokia Lumia 925
Nokia Lumia 925

Berdasarkan infomasi dari situs benchmark GFXBench, Nokia dikabarkan tengah menyiapkan smartphone Lumia dengan sistem operasi Windows Phone 8 yang ditenagai oleh prosesor quad-core. Seperti yang kita ketahui, selama ini Nokia hanya menghadirkan smartphone Lumia yang ditenagai oleh prosesor dual-core saja.

Situs benchmark GFXBench membeberkan sebagian dari spesifikasi smartphone Nokia Lumia baru yang ditenagai oleh prosesor quad-core. Sampai saat ini belum diketahui Lumia seri apa yang menggunakan prosesor quad-core tersebut, tetapi banyak pihak yang memperkirakan bahwa smartphone tersebut adalah Nokia EOS yang diiketahui mengusung fitur kamera yang canggih.

Smartphone Lumia misterius tersebut ditenagai oleh prosesor quad-core Krait besutan Qualcomm yang kemungkinan besar berasal dari jajaran Snapdragon 400. Hal ini diperkuat dengan pengolah grafis Adreno 305 yang biasanya terdapat pada Snapdragon 400 yang digunakan smartphone tersebut.

Namun, banyak pihak yang meyajini bahwa smartphone Lumia quad-core tersebut bukanlah Nokia EOS karena kamera 41 megapiksel yang diusungnya memerlukan kemampuan pengolah grafis yang lebih kuat dari Adreno 305.

Sedangkan spesifikasi layar, Lumia quad-core tersebut masih mengusung spesifikasi layar standar Lumia kelas atas lainnya, yakni mengusung resolusi 1280 x 768 piksel yang menggunakan teknologi AMOLED dan Nokia ClearBlack. Sampai saat ini Nokia memang belum pernah merilis smartphone dengan resolusi full HD 1080p.

Seperti yang dilansir dari TechRadar (17/06/2013), smartphone Lumia quad-core besutan Nokia ini tampaknya akan digunakan sebagai senjata untuk bersaing dengan Samsung Galaxy S4 dan HTC One. Produsen asal Finlandia ini mulai agresif di kelas atas agar mampu bersaing dengan kompetitornya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda