Scroll to Top

BlackBerry Z10: Celah Keamanan Kritis Ditemukan

By Ditya / Published on Tuesday, 18 Jun 2013
BlackBerry Z10
BlackBerry Z10

Penasehat keamanan BlackBerry telah mengumumkan adanya bug yang menimbulkan celah keamanan kritis di smartphone BlackBerry Z10. Bug tersebut ditemukan pada sistem yang tertanam pada BlackBerry Z10 yang dirancang untuk membantu pengguna menemukan ponselnya ketika hilang. Sayangnya, hal tersebut malah menjadi celah keamanan kritis.

Celah keamanan yang terdapat pada smartphone BlackBerry Z10 ini sebenarnya tidak terdapat pada sistem operasi BlackBerry 10, melainkan pada aplikasi BlackBerry Protect. Celah keamanan yang ditemukan pada aplikasi tersebut cukup berbahaya karena memungkinkan penyerang untuk mengambil kontrol pada smartphone dan melakukan reset password dan mencegah pemilik BlackBerry Z10 untuk menghapus data ketika ponselnya hilang.

Jika penyerang menggunakan ponsel, ia dapat menggunakan celah keamanan yang sama untuk mengakses fungsi telepon dan data pribadi pemilik BlackBerry Z10 dan memudahkan penyerang untuk mengekspos melalui WiFi untuk mencuri data dari perangkat BlackBerry Z10 tersebut.

Bagaimana dengan tanggapan BlackBerry mengenai masalah celah keamanan ini? Perusahaan yang dahulu bernama Research In Motion tampaknya mengabaikan masalah ini karena sampai saat ini belum ditemukan kasus eksploitasi serangan BlackBerry Z10 yang menggunakan celah kemanan ini.

Seperti yang dilansir dari ArsTechnica (18/06/2013), mungkin karena masalah inilah pemerintah Inggris sempat menolak smartphone BlackBerry Z10 karena dianggap kurang aman. Perusahaan asal Kanada ini sebaiknya memang harus segera mengambil tindakan untuk menutup celah keamanan ini.

Produsen smartphone lain yang pernah mengalami bug yang menimbulkan celah kemananan adalah Samsung melalui jajaran smartphone bertenaga chipset Exynosnya, tetapi produsen asal Korea Selatan ini bergerak cepat untuk memperbaikinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda