Scroll to Top

Mengenal Tipe Pengguna Google+

By Erni Dwi / Published on Wednesday, 14 Sep 2011

pengguna google plusBanyak yang beranggapan Google+ adalah social network yang melengkapi fungsi-fungsi dari social network pendahulunya, yakni Facebook dan Twitter, namun tak sedikit pula yang beranggapan bahwa social network yang berumur kurang lebih dua bulan ini sama persis fungsinya dengan pendahulunya.

Sebagai social network Google+ tak lepas dari para penggunanya yang beraneka ragam, termasuk diantaranya adalah pengguna yang juga menggunakan social network yang lebih dahulu muncul. Tak jarang juga pengguna Google+ masih menggunakan social network baru ini sebagai pengganti kejenuhan atas inovasi pendahulunya, namun tak jarang juga yang menjadikannya sebagai inovasi baru yang melengkapi fungsi-fungsi yang bisa jadi tidak disediakan oleh media sosial yang sebelumnya.

Kegunaan Google+ sebagai media sosial yang bisa jadi menawarkan solusi baru dalam social network ini membentuk kriteria pengguna yang beraneka ragam. Keanekaragaman pengguna tersebut dapat dikategorikan sebagai berikut :

  • Pengguna yang aktif berbagi (tulisan/posting sendiri):Pengguna Google+ ini memiliki frekuensi posting yang cukup tinggi. Fitur-fitur yang ditawarkan Google+ memberikan kemudahan bagi pengguna tipe ini untuk saling berbagi informasi baik berupa tulisan, gambar, link informasi dll.
  • Pengguna yang aktif berbagi ulang : Tipe pengguna jenis ini termasuk tipe aktif tidak langsung, artinya bisa jadi pengguna Google+ tipe ini memiliki circle yang berisi pengguna yang aktif berbagi dan cenderung memiliki konten posting yang bermanfaat baginya dan mungkin bagi circle yang dimilikinya. Tipe pasif untuk memposting tulisan sendiri tetapi haus untuk selalu berbagi informasi atau sekedar membagi komentar ke publik mengenai sebuah posting dari pengguna lain.
  •  Pengguna yang pasif berbagi posting : Tipe pasif berbagi tetapi tetap menggunakan Google+ ?, salah satu kelebihan Google+ adalah fasilitas circle  yang memungkinkan anda membatasi pembagian posting termasuk diantaranya adalah mengijinkan untuk memposting hanya untuk diri sendiri. Tipe pasif berbagi bisa jadi tipe kreatif yang menggunakan Google+ untuk kepentingan penyimpanan data. Menyimpan bookmark website, atau sekedar menyimpan tulisan untuk kemudian sewaktu-waktu dapat diedit ulang, menyulap Google+ menjadi buku agenda pribadinya.
  • Pengguna non-aktif : Pengguna tipe ini, lebih cenderung tidak tertarik pada Google+, biasanya hanya sekali terdaftar dan tidak ada kelanjutan aktifitas.

Jadi termasuk ke dalam tipe pengguna Google+ yang manakah diri anda ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda