Scroll to Top

PRJ Monas Gagal Saingi PRJ Kemayoran, Kata Ahok

By Fitra Firdaus / Published on Tuesday, 18 Jun 2013

PRJ Monas Gagal Saingi PRJ Kemayoran, Kata Ahok

PRJ Monas dalam waktu penyelenggaraan yang hanya tiga hari menyedot 50 ribu orang per hari. Omset yang didapatkan mencapai 2,5 miliar. Namun menurut Ahok, wakil Gubernur DKI Jakarta, PRJ Monas belum bisa menyaingi PRJ Kemayoran.

Ya, tahun ini Pekan Raya Jakarta alias PRJ ‘memiliki dua versi’. Yang pertama, adalah yang penyelenggaraannya pada 6 Juni hingga 7 Juli 2013, Jakarta Fair 2013. Di sana, berbagai produk berlomba-lomba menyedot konsumen. Tarif parkir PRJ yang bertempat di Kemayoran ini, relatif mahal; dan menuai kritikan karena seolah PRJ bukan lagi untuk rakyat, melainkan berorientasi pada bisnis semata.

Sementara yang disebut kedua, adalah Pekan Produk Kreatif Daerah (PPKD) 2013 yang berlangsung selama tiga hari dan disebut PRJ Monas. Bagaimana perbandingan keduanya?

Ditilik oleh Ralph Scheunemann, Direktur Marketing PT JIExpo yang menyelenggarakan PRJ Kemayoran, dirinya lebih sepakat jika tahun depan PRJ Kemayoran tidak usah disebut PRJ lagi, melainkan Jakarta Fair. Lebih tepat jika PRJ Monaslah yang disebut Pekan Raya Jakarta

“Jakarta Fair saja biar enggak tertukar dengan yang di Monas. Lagi pula acara kita sudah bukan sepekan lagi, melainkan sebulan,” katanya seperti dikutip Tempo.

Terkait dengan PPKD atau PRJ Monas tahun ini, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, wakil gubernur DKI Jakarta, mengakui bahwa acara tersebut belum mampu menyaingi PRJ Kemayoran. Ada berbagai kekurangan yang menyebabkan hal tersebut. Sebenarnya, PPKD sudah dilaksanakan dalam tiga tahun terakhir. Bedanya, dalam dua tahun sebelum tahun ini, acara tersebut diadakan di dalam ruangan.

Foto: TEMPO/Eko Siswono Toyudho

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda