Italia 1996

Italia dan Spanyol akhirnya berhasil mencapai babak puncak gelaran Piala Eropa U-21 dan akan dipertemukan di Teddy Stadium pada Selasa (18/6/2013) pukul 23.00 WIB. Kekuatan kedua tim memang tak bisa dianggap remeh dan bahkan potensi terjadinya pertandingan akan diakhiri dengan adu tendangan penalti akan terjadi lagi, seperti pada laga Final Euro U-21 1996 dan 1986 saat keduanya juga bertanding di babak puncak.

Dalam laga tahun 1996, Italia juga bertemu Spanyol di laga final yang digelar di Estadio Olimpico de Montjuic, Barcelona, Spanyol, pada 31 Mei 1996. Dipimpin oleh wasit Gunter Benko asal Austria, laga berjalan sengit saat itu.

Meski bermain di tanah Spanyol, tetap tak menurunkan mentalitas bertanding skuad Azzurrini saat itu. Terbukti laga baru berjalan 11 menit, Francesco Totti sudah berhasil menjebol gawang Spanyol.

La Rojita berusaha keras membalas dan coba menerobos pertahanan catenaccio ala Italia. Apa yang mereka dambakan baru tercipta di menit 41 kala Raul Gonzalez bisa menyamakan skor.

Di babak kedua, baik Italia maupun Spanyol tak mampu lagi menambah gol dan memaksa dilakukannya babak perpanjangan waktu dan berlanjut ke adu penalti. Saat itu, Italia menjadi juara setelah menang 4-2 dalam babak tersebut.

Akan tetapi, Spanyol juga pernah menjadi juara Euro U-21 dengan mengalahkan Italia di babak final, tepatnya tahun 1986. Namun saat itu format laga final masih home and away.

Bermain di Roma, dua gol Gianluca Vialli dan Giuseppe Giannini hanya bisa dibalas satu oleh Caldere. Sebaliknya saat ganti bertandang ke Spanyol, Italia mengalami kekalahan dengan skor 2-1 pula dan membuat agregat menjadi imbang 3-3. Spanyol beruntung karena saat dilakukan adu tendangan penalti, mereka unggul 3-0.

Potensi terjadinya adu tendangan penalti juga mungkin terjadi di pertandingan nanti. Maklum saja, kedua tim memiliki pertahanan terbaik di turnamen ini.

Italia hanya kebobolan satu gol sepanjang turnamen, itu pun lewat sepakan penalti Stefan Strandberg, kapten Norwegia. Sementara gawan Spanyol malah belum pernah kemasukan bola.

Well, menarik ditunggu apakah laga nanti hanya berlangsung 90 menit, atau malah berlanjut hingga adu penalti.