Scroll to Top

Di Hutan Ini Pohon Pinus Tumbuh Melengkung

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 18 Jun 2013

pinus1

Tidak banyak pepohonan yang tumbuh unik seperti di Polandia ini. Sebab, di negara tersebut terdapat satu lokasi yang pepohonannya hidup secara melengkung. Lengkungan itu ada di batang bagian bawah. Lalu, sisa batangnya tumbuh menjulang tinggi secara vertikal.

Pohon tersebut adalah pohon pinus yang hidup d sebuah hutan di daerah Gryfino. Total pohon pinus yang tumbuh melengkung sekitar 400 buah. Yang lebih mengherankan lagi, arah lengkungan pada semua pohon tersebut sama, yaitu ke utara.

pinus

Belum diketahui secara pasti kenapa pepohonan di sana bisa tumbuh seperti itu. Namun diduga, hal tersebut ada campur tangan manusia ketika pohon masih kecil. Ada intervensi pohon-pohon itu dilengkungkan ketika umurnya tujuh sampai 10 tahun, lalu dibiarkan tumbuh hingga sekarang. Hanya saja, tidak ada penjelasan kenapa pepohonan harus dilengkungkan.

Penjelasan menarik coba diungkapkan tentang alasan pelengkungan pohon pinus itu. Diduga, dulu ada sekelompok petani yang sengaja memanipulasi pertumbuhan pohon pinus. Dengan bentuk melengkung, nantinya bisa diciptakan furnitur dengan desain membungkuk. Dan, manipulasi itu harus dilakukan pada pohon yang usianya menginjak 10 tahun.

Sayangnya, usaha yang dilakukan sekitar tahun 1930 itu gagal. Perang Dunia Kedua telah memupuskan harapan para petani. Akhirnya, pepohononan pinus itu tumbuh liar sampai sekarang. Namun, kisah sebenarnya tentang pohon ini tetap misteri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda