Scroll to Top

Italia Hanya Kalah Pengalaman Dari Spanyol

By Wan Faizal / Published on Wednesday, 19 Jun 2013

Mangia-Insigne

Italia gagal menambah koleksi trofi Piala Eropa U-21 mereka setelah dalam laga final di tahun 2013 ini ditumbangkan oleh Spanyol dengan skor 2-4. Hasil tersebut membuat skuad Azzurrini menyadari bahwa mereka kalah kelas dari Spanyol yang disebabkan karena kurangnya pengalaman bertanding di level tinggi.

Dalam susunan 23 nama yang dibawa Devis Mangia ke Israel kali ini, tercatat hanya nama Marco Verratti dan Alessandro Florenzi yang rutin bermain bersama PSG dan AS Roma di level tertinggi, Ligue 1 Prancis dan Serie-A Italia.

Memang masih ada juga nama tenar seperti Fabio Borini, Mattia Destro, Lorenzo Insigne, Ciro Immobile, Luca Marrone, Alberto Paloschi, dan Andrea Bertolacci. Namun mereka tak berstatuskan sebagai pemain inti di klub masing-masing. Sisanya bahkan hanya berkutat di Serie-B Italia.

Fakta itu berbanding terbalik dengan skuad yang dimiliki Julen Lopetegui di Spanyol. Tengok saja terdapat banyak nama yang menjadi andalan di klub masing-masing seperti David De Gea,  Asier Illarramendi, Koke, Thiago, atau Isco.

“Kekurangan pemain saya hanya satu, yakni kurang pengalaman. Namun itu bukan salah mereka. Itu semua bisa datang jika mereka bermain rutin di level tertinggi,” ucap Devis Mangia yang baru melatih Italia U-21 sejak Agustus 2012.

“Saya tetap bangga pada mereka dan kami semua saling mendukung satu sama lain. Tim ini punya kekuatan yang bagus karena para pemain punya kualitas yang mengagumkan.”

Pendapat yang sama juga dikeluarkan oleh Verratti dan Fausto Rossi. Duo gelandang jangkar Italia U-21 itu sepakat bahwa mereka tidak bisa mengimbangi Spanyol yang lebih berpengalaman.

Marco Verratti
Marco Verratti

“Kami melakukan semua yang kami bisa, tapi Spanyol tetap diatas kami. Saya pikir ada beberapa kesalahan individual tadi karena secara taktik kami sudah bagus. Tak pernah mudah membalikkan keadaan saat tertinggal 3-1, terutama menghadapi tim sekelas Spanyol,” ucap Verratti.

“Kita semua tahu Spanyol adalah tim yang hebat. Tapi kami telah memberikan yang terbaik dan tidak bisa berharap lebih dari itu. Kami memainkan pertandingan yang bagus dan harus tetap berdiri tegak,” tambah Rossi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda