Scroll to Top

Tahiti Cetak Gol ke Gawang Spanyol, Jadi Juara Piala Konfederasi 2013

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 19 Jun 2013

tahiti 3

Tahiti dengan segala keterbatasan mereka, menciptakan kejutan kala mampu hanya kalah 1-6 dari Nigeria di pertandingan pertama Grup B Piala Konfederasi 2013. Kini, target mereka adalah menjebol gawang Spanyol pada laga hari Jumat, 21 Juni 2013. Andai bisa merobek jala Iker Casillas, Tahiti bagaikan mejadi juara Piala Konfederasi.

Sejujurnya, apa yang bisa diharapkan dari peringkat 138 FIFA yang hanya terbiasa berlaga dengan tim-tim zona Oseania, dan cuma memiliki satu pemain profesional? Sebelum Piala Konfederasi 2013 bergulir, Tahiti bahkan cuma mencanangkan target yang ‘terlalu realistis’. Mencetak satu gol di turnamen ini adalah mimpi terliar dalam hidup mereka.

Kenyataannya, ketika melawan Nigeria, meski dibantai enam gol, Tahiti berhasil menyarangkan satu gol via Jonathan Tehau. Mereka merayakannya seolah-olah negara mini ini telah menang sekian kosong dari tim lawan.

“Pikiran jadi kosong kala saya mencetak gol. Yang bisa saya pikirkan hanyalah merayakan gol itu sepantas mungkin dengan rekan-rekan. Dan tentang gol bunuh diri saya itu (Tehau membobol gawang sendiri pula dalam laga itu) bolehkah kita melupakan kejadian tersebut?” candanya.

Eddy Etaeta pun dibuat melambung dengan keberhasilan anak asuhnya mencetak gol. Kini, saatnya beralih pada pertandingan lain. Spanyol akan menghadang pada laga Jumat (21/6) mendatang.

Entah bermaksud bercanda atau bagaimana, Etaeta menyampaikan, “Saya tidak berpikir Mister Del Bosque yang memegang nilai-nilai agung sepakbola dan semangat baja di timnya, ingin menghancurkan tim amatir yang kecil ini. Saya pikir mereka akan menang. Tapi, mereka juga memiliki respek terhadap pemain kami (tidak mungkin membantai terlalu banyak).”

Optimisme pun tetap ada. Sang pelatih yakin, “Jika kami bisa mencetak gol melawan Spanyol, ini pasti akan luar biasa!”. Dan ketika hal tersebut terjadi, barangkali akun twitter federasi sepakbola Tahiti akan melemparkan tweet yang lebih sensasional daripada yang di bawah ini.

tahiti 4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda