Scroll to Top

Instagram Tambah Fitur Berbagi Video, Bagaimana Nasib Vine?

By Ibnu Azis / Published on Wednesday, 19 Jun 2013

Vine

Gencar diberitakan jika Instagram bakal disuntikkan fitur berbagi video oleh Facebook. Fitur itu bahkan akan dirilis pada pekan ini. Jika menilik aplikasi berbagi video di jejaring sosial, nama Vine adalah garda depan. Jika FB serius dengan niatannya itu, bagaimana nasib aplikasi milik Twitter ini?

Vine memang unik. Idenya sederhana namun menarik. Vine seperti induknya, Twitter. Microblogging ini miliki keterbatasan karakter. Sangat singkat, hanya 140 karakter saja. Ini bahkan lebih pendek daripada SMS. Pun juga dengan Vine, durasi video yang bisa dibagikan hanya enam detik saja.

Bahkan, Vine hingga dijuluki Instagram-nya video. Facebook, bukan kali ini saja ‘mencomot’ ide dari aplikasi kondang lain. Facebook Poke misalnya, yang mengloning konsep Snapchat. Dan hasilnya, aplikasi itu berantakan. Tak begitu populer. Bilamana Instagram video serupa dengan Facebook Poke, sah-sah saja miliki asumsi bakal bernasib sama.

Namun, jangan lupa jika Instagram sudah sangat populer sebelum dicaplok Facebook. Aplikasi ini kondang di iPhone dan semakin tambah menggila tatkala hijrah ke Android. Pendek kata, separah apapun Facebook mengotak-atik fitur Instagram, aplikasi ini tetap miliki tempat di hati penggunanya.

Vine dirilis pada awal tahun ini. Twitter lakukan akuisisi pada startup itu tahun lalu. Mulanya, Vine hanya hadir eksklusif di iOS (iPhone). Namun kemudian aplikasi ini mendarat ke Android. Vine mulai dilirik pengiklan sebab keunikannya. Hadirkan ‘gambar bergerak’ yang tak dimiliki Facebook dan Twitter.

Facebook, beberapa kali mencoba menjegal pesainganya lewat fitur atau produk baru yang mereka telurkan. Tatkala WhatsApp menggelora, mereka rilis Messenger. Snapchat populer di iOS, mereka rilis Facebook Poke. Kini giliran Vine yang coba diusik.

Jika melihat prestasi Messenger dan Snapchat, nampaknya Twitter tak perlu khawatir. Dua produk penjegal di atas juga tak bekerja dengan baik di hati pengguna. Jadi, Vine mungkin tetap akan bertahan, tak perngaruh dengan rencana seabrek Facebook dengan Instagram.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda