Scroll to Top

Huawei Berminat Akusisi Nokia?

By Ditya / Published on Wednesday, 19 Jun 2013

Huawei

Setelah meluncurkan smartphone dengan desain cantik sekaligus tertipis di dunia melalui seri Ascend P6, Huawei dikabarkan berminat unyuk mengakuisisi produsen ponsel asal Finlandia, Nokia. Huawei sendiri saat ini cukup agresif dan terus tumbuh di pasar ponsel.

Menurut CEO Huawei, Ricahard Yu, Huawei saat ini serius agar dapat tumbuh dengan cepat dan mengakuisisi perusahaan lain adalah salah satu cara untuk memperluas bisnis Huawei. Berdasarkan wawancara yang dilakukan oleh Financial Times, Huawei berpikiran terbuka untuk mengakuisisi Nokia, meski saat ini masih dalam tahap pembicaraan awal saja.

“Kami sedang mempertimbangkan akuisisi semacam ini, mungkin kombinasi memiliki beberapa sinergi namun tergantung pada kemauan Nokia. Kami berpikiran terbuka,” kata Richard Yu.

Apa yang dikatakan oleh CEO Huawei ini memang masih meninggalkan banyak tanda tanya. Mungkin yang dimaksud adalah Huawei siap mengakuisisi Nokia dan hal itu bergantung kepada sikap Nokia, apakah mau diakuisisi atau tidak.

Huawei sendiri tertarik mengakuisisi Nokia karena produsen ponsel asal Finlandia ini menjalin kerjasama yang menguntungkan dengan Microsoft, yakni Microsoft membayar Nokia sebesar US $1 milyar setahun untuk membangun platform Windows Phone. Namun, Huawei mengatakan bahwa Windows Phone masih lemah.

“Apakah Windows Phone [akan] sukses adalah sulit untuk mengatakan – itu memiliki pangsa pasar yang sangat kecil. [Windows Phone] lemah dan masih memerlukan biaya lisensi. Itu tidak baik. Android adalah gratis,” tambah Richard Yu.

Seperti yang dilansir dari Phone Arena (18/06/2013), Huawei pernah mengatakan bahwa target mereka adal menduduki posisi ketiga di pasar smartphone dunia dan untuk mencapai hal tersebut, akuisisi produsen lain seperti Nokia adalah langkah yang cerdas untuk mencapai target.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda