Scroll to Top

9 Pekerjaan yang Berisiko Terhadap Kesehatan

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 20 Jun 2013

cleaning service

Bekerja memang penting untuk melanjutkan kehidupan. Tapi, sebagian pekerjaan yang ada, membawa pelakunya untuk memiliki risiko kesehatan yang lebih besar dibanding jenis pekerjaan lain. Dikutip dari MSN, berikut ini 9 pekerjaan yang membahayakan kesehatan:

  1. Perawat. Studi yang dimuat jurnal Nursing Administration menyebutkan 55 persen perawat mengalami obesitas, Studi lain mengatakan 10 persen dari 19 ribu perawat mengalami cedera fisik dalam bekerja.
  2. Perangkai bunga. Pekerjaan ini berisiko mengalami iritasi mata dan kulit dari serbuk sari bunga, Mereka juga berpotensi mengalami asma dan terkena infeksi jamur dari penyebab yang sama.
  3. Nelayan. Dari data yang dirilis National Census of Fatal Occupational Injuries tahun 2011 disebutkan, 121 dari 100 ribu nelayan meninggal saat bekerja pada tahun tersebut. Rata-rata penyebabnya adalah kapal terbalik.
  4. Kerja kantoran. Sisi tidak sehat dari kerja di kantor adalah terlalu banyak duduk. Padahal kebanyakan duduk berisiko terhadap kemunculan penyakit jantung, diabetes, paru-paru, hingga kanker. Oleh karena itu, imbangi dengan berdiri dan berjalan saat bekerja.
  5. Penari. Dalam jurnal Police dan Criminal Psychology disebutkan, penari dan koreografer tari memiliki tingkat perceraian tinggi. Jika dihubungkan dengan tingka kesehatan, orang melajang lebih mungkin untuk memiliki kesehatan jantung dan mental yang lebih buruk dibanding orang yang menikah. Melajang juga rentan dengan risiko kemtian yang lebih tinggi.
  6. Pengacara. Sudi yang dilakukan LawCare menemukan 47 responden yang menekuni profesi pengacara mengalami titik jenuh.Sekitar 75 persen mengataka lingkungan kerja mereka penuh tekanan. Stres memicu banyak masalah kesehatan seperti maag, hipertensi, penyakit liver, stroke, dan serangan jantung.
  7. Pramugari. Profesi ini menuntut untuk bekerja dia siang dan malam hari. Sebuah studi mengatakan, wanitayang bekerja saat malam dalam jangka panjang berisiko mengalami kanker payudara.
  8. Personil militer. Para anggota militer penuh dengan situasi tertekan karena mereka dihadapkan pada banyak situasu berbahaya dalam pekerjaan mereka. Demikian menurut studi dari Universitas Wisconsin bersama CareerCast.
  9. Petugas kebersihan. Mereka berisiko terpapar zat kimia dan berbagai kondisi tidak menyehatkan saat bekerja. Zat kimia tersebut bisa saja adalah racun yang dapat membuat tubuh sakit. Produk pembersih yang mereka gunakan bisa memicu asma secara permanen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda