Piala Dunia U-20 Turki Dimulai Jumat, 21 Juni 2013

Piala Dunia U-20 Turki Dimulai Jumat, 21 Juni 2013

Piala Dunia U-20 Tahun Ini Tidak Dihadri Brasil Sang Juara Bertahan

Selepas gelegar Euro U-21 dan di tengah Piala Konfederasi 2013, gelaran dua tahunan Piala Dunia U-20 siap digelar di Turki. 24 negara wakil dari enam konfederasi siap bertempur untuk berlaga di partai puncak yang akan berlangsung pada Sabtu, 13 Juli 2013. Sayang, untuk pertama kalinya dua negara adidaya dalam urusan sepakbola, Brazil dan Argentina serempak tak bisa tampil karena keburu gugur di babak kualifikasi. Padahal, Brasil berstatus juara bertahan Piala Dunia U-20 dua tahun lalu di Kolombia.

Piala Dunia U-20 Turki di sisi lain menjadi momen perdana bagi Kuba, El Salvador (zona CONCACAF) dan Yunani (UEFA) tampil di ajang ini. Mereka dan sekian tim lain terbagi dalam enam grup; dan akan berjuang mendapatkan jatah 16 tiket di perdelapan final.

12 tiket berasal dari juara dan runner-up grup masing-masing (A hingga F). Sementara empat sisanya diambil dari empat tim yang berada di posisi peringkat tiga terbaik.

Jika dilihat dari jumlah partisipasinya, dengan ketidakhadiran Brazil, otomatis Spanyol  dan Australia menjadi negara yang paling sering meramaikan turnamen ini. Keduanya sudah 15 kali tampil di Piala Dunia U-20.

Dan dengan menghapus Brasil dan Argentina yang absen di kompetisi ini, Spanyol juga jadi yang terdepan dalam urusan gol dan clean sheet. La Roja mencetak 141 gol dan cuma terbobol 23 kali.

Bicara distribusi juara, dari sekian peserta yang ada, Portugallah yang paling banyak. Mereka sudah menggondol Piala Dunia U-20 dalam dua kesempatan, tahun 1989 dan 1991 di era Golden Generationsnya Manuel Rui Costa dan Luis Figo dkk. Kali ini, bisakah kita menebak siapa yang akan menjadi kampiun? Kesempatan bagi siapa pun karena dalam 10 edisi terakhir, Argentina dan Brazillah yang dominan, dan kini mereka hanya bisa menonton di televisi.

Berikut pembagian grup Piala Dunia U-20 Turki.

Grup A: Prancis, Ghana, Spanyol, Amerika Serikat
Grup B: Kuba, Korea Selatan, Nigeria, Portugal
Grup C: Australia, Kolombia, El Salvador, Turki
Grup D: Yunani, Mali, Meksiko, Paraguay
Grup E: Chili, Mesir, Inggris, Irak
Grup F: Kroasia, Selandia Baru, Uruguay, Uzbekistan.

Komentar Anda

Leave A Response