Scroll to Top

10 Penyebab Menurunnya Sperma Pada Pria

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 20 Jun 2013

laptop

Jumlah sperma menjadi salah sebab kesuburan pria. Meskipun faktor kesuburan itu banyak,  namun jumlah sperma mempengaruhi kemungkinan adanya sperma yang menembus sel telur untuk pembuahan. Dikutip dari Boldsky, minimal ada 10 penyebab menurunnya jumlah sperma pada pria:

  1. Mandi air panas. Memang efeknya akan membuat tubuh lebih rileks, namun air panas tidak baik untuk sperma. Suhu tinggi menyebabkan kualitas sperma menurun dan mati.
  2. Memakai celana ketat. Celanan ini membuat testis bersuhu lebih panas dan membuat sebagian testis mati.
  3. Menyimpan ponsel di celana. Radiasi ponsel bida berdampak pada menurunnya jumlah sperma, apalagi jika kerap ditaruh di celana.
  4. Stres. Stres tidak hanya menurunkan kondisi kesehatan fisik dan mental Anda. Lebih dari itu, bisa menimbulkan masalah infertilitas pada pria.
  5. Jarang bercinta dengan pasangan. Jarang melakukan seks dengan pasangan membuat sperma berubah bentuk dan basi. Sperma baru tidak bisa segera diproduksi terlalu lama tersimpan di testis.
  6. Minum alkohol. Alkohol mampu menurunkan kadar testosteron sehingga berdampak pada menurunnya sperma.
  7. Merokok. Rokok secara ilmiah telah mempengaruhi kesuburan. Bukan hanya masalah berkurag sperma saja, tetapi bisa menimbulkan kemandulan.
  8. Makan produk-produk kedelai berlebihan. Kedelai mengandung isoflavon yang mempengaruhi jumlah, kualitas, dan produksi sperma saat kebanyakan dikonsumsi.
  9. Memakai laptop di pangkuan. Dalam waktu lama, suhu panas laptop akan meningkatkan suhu di skrotum. Efeknya akan mengurangi produksi sperma.
  10. Menonton teve. Studi yang dilakukan British Journal of Sport Meicine menemukan, pria yang tidak banyak menonton teve dan berolahraga rutin akan memiliki jumlah sperma yang lebih baik dan berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda