Scroll to Top

10 Manfaat Lemon Untuk Kesehatan Tubuh

By C Novita / Published on Friday, 21 Jun 2013

lemon jeruk nipis

Lemon atau jeruk nipis adalah cara murah untuk sehat. Walau bentuknya kecil, namun manfaat yang tersimpan di baliknya sangat besar. Obat tradisional kerap menggunakan jeruk nipis sebagai campuran. Misalnya obat sakit tenggorokan, batuk, atau campuran jamu agar rasanya tak terlalu pahit.

Bagi kecantikan kulit, lemon atau jeruk nipis kerap dipakai sebagai obat jerawat, membantu mengecilkan pori-pori, dan memutihkan kulit.

Buah ini memang kaya antioksidan dan vitamin C serta zat aktif lainnya. Sayang, rasanya yang masam membuat banyak orang enggan mengonsumsinya. Untuk itu, berikut adalah 10 cara mengolah lemon atau jeruk nipis agar nikmat dikonsumsi dan membawa manfaat besar bagi kesehatan tubuh Anda:

  1. Lemon jus untuk pencernaan sehat. Caranya, peras lemon dan tambahkan segelas air hangat dan madu. Minum di pagi hari untuk pencernaan sehat dan bersih.
  2. Lemon dengan daun basil (kemangi) untuk sakit tenggorokan. Campurkan perasan lemon dengan daun basil dan madu, lalu kunyah sebentar dan telan untuk menyembuhkan sakit tenggorokan.
  3. Perasan lemon murni untuk tetap terlihat muda. Antioksidan pada perasan lemon dan jeruk nipis membantu memperbaiki kerusakan akibat radikal bebas. Konsumsi perasan jeruk nipis secara rutin untuk kulit lebih segar.
  4. Lemon untuk turunkan tekanan darah. Perasan lemon dalam makanan dan minuman Anda membantu menurunkan tekanan darah. Potassium dalam lemon yang memberi efek ini.
  5. Imunitas tinggi. Vitamin C tinggi pada lemon dapat meningkatkan imunitas tubuh.
  6. Dilansir oleh situs Boldsky, lemon juga mampu menurunkan berat badan, sebab ia membakar timbunan lemak di tubuh.
  7. Menghilangkan mual. Aroma dan rasa kecut dari lemon mampu menghilangkan mual bagi ibu hamil.
  8. Efek diuretic pada lemon mampu mengobati rematik. Cara kerjanya, minum perasan lemon, dan ia akan membantu Anda membuang zat tak berguna penyebab rematik melalui urin.
  9. Melawan kanker. Lemon punya antioksidan tinggi yang mampu menurunkan resiko 20 tipe kanker.
  10. Lemon juga mampu menyembuhkan berbagai macam infeksi dalam tubuh

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda