Scroll to Top

Pengaruh Olahraga Terhadap Kualitas Tidur

By C Novita / Published on Friday, 21 Jun 2013

tidur

Peneliti yang bekerja meneliti aktifitas tidur menyimpulkan bahwa olahraga atau kegiatan fisik mempengaruhi kualitas tidur seseorang. Bukan berarti bahwa semakin keras seseorang melakukan aktifitas fisik atau berolahraga akan makin baik kualitas tidurnya.

Studi ini menemukan bahwa orang dengan lebih banyak aktifitas fisik lebih mungkin tidur kurang dari 6 jam, atau juga lebih dari 9 jam. Skenario berlawanan ini dikategorikan sebagai tidur ekstrim, dan keduanya bisa menimbulkan resiko kesehatan.

Seperti diketahui bahwa tidur yang terlalu sedikit atau terlalu banyak dikaitkan dengan beberapa gangguan kesehatan, termasuk kanker dan masalah jantung. Melakukan aktifitas atau olahraga berlebihan atau sebaliknya tidak melakukan aktifitas olahraga sama sekali juga tak baik untuk pola tidur.

Jadi yang disarankan adalah, berolahraga secara teratur dan melakukan aktifitas fisik sewajarnya agar kualitas tidur menjadi lebih baik.

Dilansir oleh huffingtonpost, Pertemuan Tidur Tahunan yang dilakukan oleh National Sleep Foundation, Amerika pada 2013 ini menyimpulkan dari sebuah survei bahwa, walau kuantitas tidur seseorang sama-sama 8 jam, namun seseorang yang melakukan olahraga rutin 10 menit per hari akan memiliki kualitas tidur yang lebih nyenyak.

Berolahraga pada pagi hari juga terbukti memiliki efek lebih baik untuk mengatasi gangguan tidur dan kemungkinan terbangun lebih dari 2 kali semalam, dibanding mereka yang melakukan olahraga sore atau malam hari.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda