Scroll to Top

Isco, Oscar, Coutinho: Bukti Sukses Alumni Piala Dunia U-20

By Wan Faizal / Published on Friday, 21 Jun 2013

Coutinho-Oscar

Piala Dunia U-20 terkadang memang masih dianggap remeh dan tak dinilai gengsinya dibanding turnamen lain yang berlangsung saat ini, Piala Konfederasi 2013. Tapi, ajang World Cup U-20 ini adalah langkah awal para youngster untuk mulai menunjukkan kelasnya dan berharap di kemudian hari bisa sukses bersama klub masing-masing. Isco, Oscar, dan Philippe Coutinho telah membuktikannya.

Ketiganya adalah alumni Piala Dunia U-20 tahun 2011 yang digelar di Kolombia. Isco memang tak berhasil membawa Spanyol menjadi yang terbaik, namun performa dan kejeliannya menggali pengalaman kala itu pada akhirnya mampu membuatnya bersinar bersama Malaga dan masuk skuad senior Timnas Spanyol. Bahkan pada gelaran Euro U-21 kemarin, Isco didaulat sebagai pemain terbaik.

Oscar dan Coutinho bahu-membahu membawa bendera Brazil di Kolombia dua tahun lalu. Kesuksesan mereka membawa Brazil menjadi juara berimbas pada ketertarikan banyak klub Eropa pada keduanya.

Bersama Chelsea, Oscar melalui musim pertama di Inggris dengan gemilang. Ia membantu tim meraih gelar UEFA Europa League serta tampil menawan dalam setahun terakhir. Sementara Coutinho juga menjalani musim yang bagus bersama Liverpool setelah digaet dari Inter Milan.

Tello-Fernando-Isco
Tello-Fernando-Isco

Tentu saja tak hanya keduanya alumni Piala Dunia U-20 yang bersinar saat ini di level yang lebih tinggi. Marc Bartra dan Cristian Tello, dua rekan Isco saat itu, juga menikmati buah gemilangnya penampilan mereka dengan masuk tim senior Barcelona. Keduanya, bersama Isco, juga membawa Spanyol U-21 menjadi yang terbaik di Israel 2013 kemarin.

Begitu pun dengan James Rodriguez. Bintang Kolombia itu meraih sukses besar bersama FC Porto di Liga Portugal. Namanya semakin melambung dan menjadi rebutan klub top Eropa di usia yang masih belia. Sama seperti Luis Muriel, rekan James, yang menjadi partner pemain sekaliber Antonio Di Natale di Udinese.

Ada lagi? Tentu saja. Nama seperti Jack Butland dan Callum McManaman adalah dua pemain yang turut membantu Inggris di turnamen dua tahun lalu. McManaman menikmati masa indahnya bersama Wigan Athletic. Sementara Butland yang di Kolombia lalu mencatat tiga kali clean sheet sudah tercatat sebagai skuad timnas senior Inggris. Erik Lamela yang dua tahun lalu bermain bersama Argentina kini juga menjadi pemain penting di AS Roma bersama Francesco Totti.

Lamela-McManaman
Lamela-McManaman

Gelaran tahun ini juga tak menutup kemungkinan akan melahirkan bintang-bintang baru yang akan bersinar dalam satu atau dua tahun mendatang. Maklum saja, banyak nama-nama yang sudah punya kualitas mumpuni yang mengikuti Piala Dunia U-20 tahun ini.

Sebut saja seperti Paul Pogba (Juventus/Prancis), Suso (Liverpool/Spanyol), Gerard Deulofeu (Barcelona/Spanyol), Kerim Frei (Fulham/Turki), Ross Barkley (Everton/Inggris), Guillermo Varela (Manchester United/Uruguay), Nicolas Lopez (AS Roma/Uruguay), dan Marko Livaja (Atalanta/Kroasia).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda