Scroll to Top

FB Malware Terbaru: Coba Kelabui Pengguna via Email

By Ibnu Azis / Published on Friday, 21 Jun 2013

Facebook Malware

FB malware terbaru muncul lagi dengan mencoba kelabui pengguna Facebook via email. Tim keamanan siber Avast! mendapati ancaman tersebut lewat sebuah email palsu yang yakinkan pengguna jika akun yang dimiliki telah dibekukan.

Pengirim email mencoba menyakinkan korban jika akun yang dimiliki alami masalah. Jika tidak segera lakukan tindakan akan berujung pembekuan akun Facebook. Berikut email yang dikirim seperti dikutip dari situs Softpedia.

Hey <name> your Facebook account has been closed!”.

atau

Hi <name> your Facebook account is blocked!”.

Dalam email tersebut pengirim menyematkan sebuah lampiran (attachment) yang memerintahkan penerima untuk menkliknya. Dengan janji akan memulihkan akun yang dibekukan, korban wajib klik lampiran tersemat jika ingin akunnya kembali.

Apabila lampiran itu diklik maka akan tertampil tulisan sebagai berikut:

Your Facebook connection is now secured! Thank you for your support!”.

Namun tulisan itu sejatinya justru jadi mimpi buruk. Tatkala memutuskan menklik lampiran itu secara otomatis malware telah masuk ke komputer. Tak ada informasi lebih lanjut soal bahaya ayang ditimbulkan.

Namun, Avast! mengamini jika malware jenis ini termasuk yang sulit untuk diblokir. Jika memang sulit untuk dikendalikan, berarti potensinnya cukup berbahaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda