Scroll to Top

Google Plus Curi Ide Diaspora?

By Aisyah Indarsari / Published on Wednesday, 14 Sep 2011

Sebuah temuan baru seperti yang diberitakan NWLinux ini cukup mencengangkan. Bagaimana tidak, ada kemungkinan Google+ mencuri ide sebuah situs jejaring sosial bernama Diaspora. Atau mungkin sebaliknya?

Saat penulis mecoba bergabung untuk meneliti lebih lanjut, ternyata mekanismenya mirip juga dengan Google+, yakni dengan sistem invitation atau undangan.

Dan karena penulis belum memiliki kenalan yang memberikan undangan secara langsung, jika kita apply undangan di website tersebut, kita harus masuk daftar tunggunya, dengan dijanjikan paling lambat hingga bulan Oktober 2011 ini baru bisa mendapatkan undangannya.

Jika dirunut jauh kebelakang, seperti yang tertulis pada blognya, ternyata Diaspora telah meluncurkan private invitation ini sejak November 2010 yang lalu.  Bandingkan dengan Google+ yang baru saja meluncurkan undangannya sekitar bulan Juni 2011.

Walaupun tampilan UI nya bisa dikatakan serupa, ada beberapa istilah yang berbeda yang digunakan 2 jejaring sosial tersebut, berikut perbedaannya:

Diaspora

Google+

Aspects/Contacts Circle
Stream Stream
Tags Sparks

 

Dan berikut adalah perbandingan tampilan interface dari kedua situs ini. Apakah Google+ meniru Diaspora? Atau sebaliknya? Silahkan Anda yang tentukan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda