Scroll to Top

Ricardo Carvalho Dihukum Setahun Tak Boleh Memperkuat Timnas Portugal

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 14 Sep 2011

Masalah disiplin ternyata tidak hanya terjadi pada pesepakbola Indonesia. Bek Portugal, Ricardo Carvalho, mesti menerima risiko didamprat oleh Federasi Sepakbola Portugal (FPF). Carvalho yang bulan lalu meninggalkan tempat latihan timnas, dihukum tak boleh tampil selama 12 bulan untuk Brazilnya Eropa ini.

Carvalho melakukan tindakan tidak professional itu karena kecewa. Namanya tidak termasuk ke dalam starting line up Portugal saat menghadapi Siprus dalam lanjutan kualifikasi Euro 2012. Putus asa, sakit hati, dan merasa tidak dihargai, pemain berusia 33 tahun ini pergi tanpa memberitahu sang pelatih, Paulo Bento. Apalagi FPF.

Lebih jauh, kekecewaan Carvalho menggila ketika ia menyatakan ingin pensiun membela timnas. FPF yang mempelajari pernyataan pemain Real Madrid ini akhirnya memberi keputusan.

FPF melansir pernyataan, semestinya seorang pemain seperti Carvalho yang mangkir dari timnas, dihukum 24 bulan. Namun, mengingat kontribusi Carvalho selama ini, hukuman itu dipotong setengahnya saja.

Kelakuan bengal Carvalho ini mengingatkan kita pada kejadian di musim panas 2005. Kala itu, Carvalho yang masih membela Chelsea, juga dicadangkan oleh si pelatih yang tak kalah bandel, Jose Mourinho. Carvalho mempertanyakan alasan mengapa ia tidak dimainkan. Mourinho yang tak mau disetir anak buahnya, mengatakan “Carvalho perlu melakukan tes IQ!”

Kini, Carvalho tidak perlu tersakiti hatinya terlalu parah karena tidak ada lagi yang memerintahkannya untuk tes IQ. Namun, mengingat usianya sudah menua, ia mesti sadar diri ketika tidak dipilih sebagai starter. Untuk Portugal, Carvalho sudah bermain 75 kali dan mencetak 4 gol.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda