Scroll to Top

Timnas Indonesia Ingin Ikut Piala Dunia? Begini Caranya!

By Aditya / Published on Saturday, 22 Jun 2013

timnas indonesia skuat arab saudi 2013

Selama ini, keinginan Timnas Indonesia untuk bisa lolos ke Piala Dunia masih sebatas mimpi. Persaingan yang ketat dengan rival tim-tim besar di Asia membuat kans Timnas Indonesia untuk mencicipi Piala Dunia semakin mengecil. Nah, Timnas Indonesia sebenarnya bisa ikut kejuaraan sepakbola terbesar sejagat itu. Bagaimana caranya?

Timo Scheunemann melontarkan gagasan yang di luar pemikiran kebanyakan orang. Mantan pelatih Persema Malang ini berpendapat, jika Timnas Indonesia ingin ikut serta di ajang Piala Dunia, maka Indonesia harus keluar dari AFC (konfederasi sepakbola Asia) dan pindah ke zona OFC (konfederasi sepakbola Oceania).

Menurut Timo Scheunemann, dengan berpindah ke zona Oceania, maka peluang Timnas Indonesia untuk lolos ke Piala Dunia akan semakin besar mengingat lawan-lawan yang akan dihadapi jauh lebih ringan ketimbang di Asia.

“Sementara, jika tetap berada di Asia, ada Thailand, Malaysia, dan lain-lain. Lalu, hadangan utama datang dari sekitar 10 tim kuat, negara-negara Arab, Korea, Jepang, Australia dan lain-lain,” ujar Timo Scheunemann belum lama ini.

OFC terdiri dari negara-negara kecil semacam Kepulauan Cook, Fiji, Kaledonia Baru, Papua Nugini, Samoa, Samoa Amerika, Selandia Baru, Kepulauan Solomon, Tahiti, Tonga, dan Vanuatu. Sebelumnya ada Australia namun tim negeri kanguru ini kemudian justru pindah ke AFC.

Meskipun dari zona Oceania tidak ada negara yang langsung lolos otomatis ke Piala Dunia dan harus melakoni playoff dengan wakil dari zona Concacaf (zona Amerika Utara dan Tengah), namun peluang Timnas Indonesia untuk lolos lebih besar ketimbang masih bertahan di Asia.

“Hadangan terakhir wakil Oceania ke Piala Dunia adalah rangking 4 dari wakil Zona Concacaf, biasanya Panama atau Honduras. Jadi, ada kemungkinan kita untuk lolos,” tandas bule Jerman kelahiran Kediri yang pernah menjabat sebagai Direktur Pembinaan Usia Muda PSSI ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda